Studi Pengaruh Daya pada Proses Plasma Nitrogen terhadap Sifat Kekasaran dan Tingkat Kebasahan Permukaan Lapisan ZnPc (Zinc Phthalocyanine) di Atas Substrat Kaca”

Zaini, Mukhammad (2017) Studi Pengaruh Daya pada Proses Plasma Nitrogen terhadap Sifat Kekasaran dan Tingkat Kebasahan Permukaan Lapisan ZnPc (Zinc Phthalocyanine) di Atas Substrat Kaca”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Plasma nitrogen telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai penelitian yang diterapkan terhadap berbagai jenis polimer. Tujuannya adalah untuk modifikasi permukaan polimer tersebut. Tujuan yang sama dengan penelitian ini, proses plasma nitrogen dilakukan terhadap lapisan ZnPc yang merupakan logam organik dengan rumus kimia C32H16N8Zn. Lapisan diberikan perlakuan proses plasma dengan nilai daya yang berbeda yaitu sebesar 40, 50, 60 dan 70 watt. Setiap sampel uji diletakkan di dalam reaktor plasma yang terangkai dalam satu set sistem pembangkitan plasma. Peningkatan daya pada plasma memberikan efek peningkatan densitas plasma nitrogen dalam reaktor. Perlakuan plasma pada lapisan tersebut memberikan efek perubahan kekasaran dan kebasahan lapisan. Secara umum perlakuan plasma menurunkan nilai kekasaran dan meningkatkan kebasahan lapisan ZnPc. Kebasahan meningkat terbukti dengan penurunan nilai sudut kontak sesudah proses plasma nitrogen. Hal ini menandakan bahwa energi permukaan lapisan ZnPc meningkat. Variasi daya mempengaruhi tingkat kekasaran dan kebasahan. Peningkatan daya pada proses plasma nitrogen mengakibatkan kebasahan lapisan ZnPc meningkat dan nilai kekasarannya menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/191/051701793
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Mar 2017 14:33
Last Modified: 22 Mar 2017 14:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155234
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item