Pemilihan Supplier Obat Dengan Menggunakan Metode Entropy-Weighted Product (Wp) (Studi Kasus Di Apotek Sari Indah Singosari

Suraiyah (2017) Pemilihan Supplier Obat Dengan Menggunakan Metode Entropy-Weighted Product (Wp) (Studi Kasus Di Apotek Sari Indah Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketersediaan obat-obatan pada apotek sangat mempengaruhi peningkatan daya saing dalam perdagangan. Oleh karena itu, pengelola apotek harus selektif memilih supplier yang memiliki cukup banyak karakteristik. Hal tersebut dilakukan agar tetap terjaga lintasan produksi antara supplier dan pengecer. Dalam penelitian ini diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk memudahkan pihak apotek dalam memilih supplier, yaitu dengan menggunakan metode Entropy-Weighted product (WP) . Berdasarkan pada metode Standarized Unitless Rating (SUR), kriteria kinerja pemasok terdiri dari kwalitas, harga, pengiriman, fleksibilitas dan kemampuan merespon. Dengan menggunakan kelima kriteria tersebut, didapatkan supplier yang terbaik dari nilai preferensi relatif tertinggi yaitu urutan pertama supplier PT. SPP sebesar 0,215, urutan kedua PT. SST sebesar 0,210, dan urutan ketiga PT. SEP sebesar 0,206.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/18/041700764
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:09
Last Modified: 01 Feb 2017 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155223
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item