Studi Terapi Susu Fermentasi Lactobacillus casei strain Shirota untuk Tikus (Rattus norvegicus) dengan Diet Tinggi Kolesterol terhadap Gambaran Histopatologi dan Aktivitas Protease pada Duodenum

Magrifan, WigaNur (2017) Studi Terapi Susu Fermentasi Lactobacillus casei strain Shirota untuk Tikus (Rattus norvegicus) dengan Diet Tinggi Kolesterol terhadap Gambaran Histopatologi dan Aktivitas Protease pada Duodenum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hiperkolesterol merupakan suatu keadaan jumlah kolesterol darah melebihi batas normal, yaitu dalam tubuh manusia mencapai >200 mg/dL. Diet tinggi kolesterol dapat menyebabkan terjadinya hiperkolesterol. Terapi susu fermentasi Lactobacillus casei strain Shirota dapat menurunkan kondisi hiperkolesterol karena mengandung peptide bioaktif yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas hasil dari peroksidasi lipid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi susu fermentasi dalam memperbaiki kerusakan gambaran histopatologi dan menurunkan aktivitas protease duodenum tikus (Rattus norvegicus) yang diberi diet tinggi kolesterol. Tikus dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan, yaitu kelompok kontrol negatif, kelompok kontrol positif (tikus hiperkolesterol), kelompok terapi susu fermentasi dengan dosis 1 mL dan 2 mL. Pembuatan preparat histopatologi organ duodenum menggunakan pewarnaan Hematoxyline-Eosin (HE) dan aktivitas protease diukur menggunakan metode spektrofotometri UV. Gambaran histopatologi duodenum mengalami perbaikan pada permukaan tunika mukosa dan sel-sel epitel karena diberikan terapi susu fermentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemberian terapi susu fermentasi sebanyak 1 mL dan 2 mL dapat menurunkan aktivitas protease secara signifikan (p<0,05) antar kelompok perlakuan. Penurunan aktivitas protease terbaik dihasilkan dari pemberian terapi susu fermentasi sebanyak 2 mL, yaitu terjadi penurunan sebesar 47,62%. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian terapi susu fermentasi sebanyak 2 mL merupakan dosis terbaik dalam memperbaiki gambaran histopatologi dan menurunkan aktivitas protease duodenum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/124/051701070
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Feb 2017 09:34
Last Modified: 09 Feb 2017 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155164
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item