Pengaruh pH dan Suhu Terhadap Kestabilan Aktivitas Xilanase dari Trichoderma viride Diimobilisasi Menggunakan Matriks Zeolit

Cahyawati, Gita Diastirana (2017) Pengaruh pH dan Suhu Terhadap Kestabilan Aktivitas Xilanase dari Trichoderma viride Diimobilisasi Menggunakan Matriks Zeolit. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Xilanase merupakan enzim yang dapat menghidrolisis xilan menjadi xilosa. Xilanase diisolasi dari jamur Trichoderma viride yang selanjutnya dimurnikan dengan pengendapan menggunakan amonium sulfat dengan tingkat kejenuhan 40-80% dan dialisis menggunakan kantong selofan. Amobilisasi dilakukan untuk meningkatkan stabilitas xilanase dan untuk mengefisiensi pemakaian ulang enzim. Xilanase memiliki kestabilan pada keadaan lingkungan tertentu. Kestabilan suatu enzim dapat dilihat dari aktivitas enzim sisa, bila aktivitas enzim sisa lebih dari 50% dari aktivitas enzim awal. Xilanase diamobilisasi menggunakan matriks zeolit dengan metode adsorpsi fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh suhu dan pH terhadap kestabilan aktivitas xilanase. Pengaruh tersebut diamati dengan cara mengukur aktivitas xilanase sisa setalah xilanase amobil disimpan selama penyimpanan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 hari pada variasi suhu (30, 40, 50, 60 oC) dan variasi pH (3, 4, 5, 6). Aktivitas xilanase ditentukan dengan cara mengukur kadar gula pereduksi secara spektrofotometri menggunakan reagen DNS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH dan suhu berpengaruh terhadap kestabilan aktivitas xilanase amobil. Pada pengaruh pH, Xilanase amobil stabil pada penyimpanan pH 5 dengan aktivitas sisa enzim pada penyimpanan hingga hari ke 5 sebesar 58,18%. Sedangkan pada pengaruh suhu, xilanase amobil stabil pada penyimpanan suhu 50 oC dengan aktivitas sisa enzim pada penyimpanan hingga hari ke 5 sebesar 70,16%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2017/111/051700955
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Feb 2017 11:39
Last Modified: 22 Mar 2022 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/155150
[thumbnail of SKRIPSI_KIMIA_GITA DIASTIRANA CAHYAWATI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_KIMIA_GITA DIASTIRANA CAHYAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item