Penerapan Analisis Two Step Cluster Dengan Jarak Log-Likelihood (Studi Kasus : Persepsi Konsumen Pada Produk Jus Buah Dalam Kemasan Di Supermarket “X” Kota Malang)

Cahyaningrum, Wahyu (2016) Penerapan Analisis Two Step Cluster Dengan Jarak Log-Likelihood (Studi Kasus : Persepsi Konsumen Pada Produk Jus Buah Dalam Kemasan Di Supermarket “X” Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai jenis persaingan produk dan jasa di pasaran akan semakin tinggi. Keadaan tersebut menyebabkan adanya tantangan baru bagi perusahaan untuk tetap mendapat perhatian pasar ditengah persaingan tersebut. Pemikiran tersebut membuat para produsen berbondong-bondong menciptakan inovasi baru, yaitu dengan minuman jus buah dalam kemasan yang manfaatnya semakin besar. Sehingga konsumen tetap mendapatkan manfaat buah asli namun juga bisa dinikmati dengan lebih mudah dan praktis. Analisis Two Step Cluster digunakan sebagai pengelompokkan objek-objek dengan karakteristik yang dimiliki dengan data yang mengandung skala data campuran (kontinu dan kategorik). Penelitian ini bertujuan menggunakan metode penggelompokan dua tahap atau Analisis Two Step Cluster pada data hasil survey konsumen produk jus buah dalam kemasan di Supermarket”X” Kota Malang. Hasil penelitian ini diperoleh 3 cluster dengan metode AIC. Diketahui bahwa sebagian besar responden pada penelitian ini adalah responden produk jus buah dalam kemasan yang bertempat tinggal di kawasan perkotaan, berjenis kelamin perempuan, dan bekerja sebagai pegawai swasta. Cluster pertama sebanyak 41 konsumen tergolong memperhatikan desain produk, cluster kedua sebanyak 32 konsumen memperhatikan kinerja produk, cluster ketiga sebanyak 23 konsumen memperhatikan daya tahan produk.

English Abstract

Various types of products and services competition in the market will be higher. The situation is causing their new challenge for the company to keep the attention of the market amid competition. Such thinking makes the producers flocked create new innovations, namely with fruit juice drinks in containers whose benefits are even greater. So consumers still get the benefits of the original fruit but can also be enjoyed with more convenient and practical. Two Step Cluster analysis was used as grouping objects with characteristics possessed by data that contain mixed data scale (continuous and categorical). This study aimed to use a two-stage method penggelompokan or Two Step Cluster analysis on the survey data of consumer products in the packaging of fruit juice in the Supermarket "X" Malang. The results of this study obtained three clusters with AIC method. It is known that the majority of respondents in this research was the respondents fruit juice products in containers that reside in urban areas, female, and worked as private employees. The first cluster were 41 classified attention to design consumer products, the second cluster of 32 consumers pay attention to product performance, the third cluster as many as 23 consumers pay attention to the durability of the product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/449/051610386
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Nov 2016 13:33
Last Modified: 09 Nov 2016 13:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154985
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item