Pengembangan Sistem Filter Menggunakan Kasa Aluminium Pada Knalpot Sepeda Motor Sebagai Fungsi Posisi Untuk Mengurangi Pm0.1

Firdaus, HerlambangLaksamana (2016) Pengembangan Sistem Filter Menggunakan Kasa Aluminium Pada Knalpot Sepeda Motor Sebagai Fungsi Posisi Untuk Mengurangi Pm0.1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dibuat suatu sistem filtering pada sistem pembuangan sepeda motor yang digunakan untuk mengurangi jumlah konsentrasi partikulat PM0.1 dari emisi sepeda motor. Sistem pada filter memanfaatkan energi panas yang dikeluarkan oleh sistem pembuangan sepeda motor, yaitu dengan pemasangan sebuah filter dari kasa aluminium yang dapat mengeluarkan radiasi panas. Panas yang terkonveksi oleh mesin pada filter digunakan untuk membakar partikulat yang melewatinya sehingga hasil partikulat yang keluar akan lebih sedikit. Penelitian dengan menggunakan dilakukan untuk mengetahui besar efisiensi yang dihasilkan oleh filter pada pengurangan jumlah partikulat dari emisi sepeda motor berhubungan dengan posisi peletakannya. Dengan sistem filtering yang terpasang pada knalpot dapat mengurangi PM0.1 ditunjukan dari nilai efisiensinya, dan posisi terbaik filter adalah posisi 1.

English Abstract

A filtering system which reduces the concentration of PM0.1 emmited by motorcycle engines has been constructed, i.e. by equipting the exhaust system with aluminium gauze. The working principle of the aluminium gauze is to transform the excess energy from exhaust system into heat, and therefore reduce PM0.1 concentration. The research was conducted to measure the efficiency on the filter which is proportional to the number of reduced particulate. It was found that the filter efficiency is a function of the filter position, in which it was observed that the greatest efficiency corresponding to position 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/402/051610339
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Oct 2016 15:09
Last Modified: 28 Oct 2016 15:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154934
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item