Pengaruh Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor (HC&CO) terhadap Fisik Sel Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria Zeylanica) dengan Variasi Bahan Bakar Premium dan Pertamax.

dewiningtyas, FarahChandra (2016) Pengaruh Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor (HC&CO) terhadap Fisik Sel Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria Zeylanica) dengan Variasi Bahan Bakar Premium dan Pertamax. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurunnya kualitas udara dipengaruhi adanya kegiatan transportasi yang menghasilkan emisi gas buang akibat pembakaran yang kurang sempurna terjadi di dalam mesin sehingga mengeluarkan zat asing yang merugikan. Selain oksigen yang cukup, pembakaran yang sempurna juga di pengaruhi oleh komposisi bahan bakar yaitu premium 88 dan pertamax 92. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh emisi gas buang kendaraan bermotor terhadap sel fisik tanaman. Karena tanaman Sansevieria Zeylanica memiliki kemampuan untuk mengakumulasikan zat pencemar dan memberikan respon yang sesuai dari rangsang luar sebagai bioindikator. Pada percobaaan ini tanaman dipaparkan asap motor dengan bahan bakar premium dan pertamax dengan perlakuan waktu 0 menit, 3-18 menit dengan rasio 3 menit pada kondisi ruang isolasi selama 10 hari. Senyawa HC & CO yang terkandung di dalam emisi menyebabkan perubahan fisik dari celah stomata dan lapisan lilin pada tanaman Sansevieria Zeylanica. Hasil pembakaran bahan bakar pertamax menghasilkan kadar emisi yang lebih kecil dari bahan bakar premium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/285/051607482
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Sep 2016 11:15
Last Modified: 26 Sep 2016 11:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154803
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item