Filogenetik Ular Kobra (Genus: Naja) di Pulau Jawa, Sumatra dan Wilayah Asia Lainnya Berdasarkan Mitokondrial DNA 16S rRNA

Putri, MulyadianeMeishinta (2016) Filogenetik Ular Kobra (Genus: Naja) di Pulau Jawa, Sumatra dan Wilayah Asia Lainnya Berdasarkan Mitokondrial DNA 16S rRNA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengestimasi hubungan kekerabatan dari Genus Naja di Pulau Jawa, Sumatra dan wilayah Asia lainnya berdasarkan mitokondrial 16S rRNA. Metode penelitian yang dilakukan yaitu isolasi DNA sesuai standar protocol QIAmp®DNA Mini Kit, amplifikasi, sekuensing dan analisis data. Isolasi DNA menggunakan jaringan dari Naja Sumatrana Muller, 1890 dan Naja sputatrix F. Boie. 1827 serta sampel Naja atra, Naja kaouthia, Naja naja dan Genus Naja di kawasan Asia diambil dari data hasil sekuensing di GenBank selanjutnya diuji kualitatif dengan elektoforesis dan diamplifikasi dengan primer 16SAR (F) 5’CGCCTGTTTATCAAAACAT3’ dan 16 SBR (R) 5’ CCGGTCTGAACTCTCAGATCAGGT 3’. Analisis filogenetik menggunakan Maximum Parsimony (MP), Maximum Likelihood (ML) dan Bayesian Inference. Hasil penelitian menujukkan terbentuk 3 clade (A, B, C) dari Genus Naja di Paparan Sunda, Cina dan India. Clade A terdiri dari spesies N. sputatrix (Jawa Tengah, Jawa Timur) dan N. Sumatrana (Sumatra, Thailand). Clade B terdiri dari spesies N. atra dan N. naja (Cina, India), serta clade C yang merupakan kelompok outgroup (Ophiophagus hannah). Nilai uncorrected pdistance antara Genus Naja di Paparan Sunda sangat rendah antara 1- 3 %, serta nilai tertinggi pada spesies N. naja dan N. atra sebesar 9- 12%. Filogenetik dan distribusi genus Naja dipengaruhi oleh terjadinya proses evolusi Paparan Sunda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/280/051607477
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Sep 2016 16:20
Last Modified: 23 Sep 2016 16:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154798
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item