Keragaman Flora dan Manajemen Pekarangan rumah Masyarakat Sebagai Basis Pengembangan Agrowisata di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso

Faruq, Muhammad Khalid (2016) Keragaman Flora dan Manajemen Pekarangan rumah Masyarakat Sebagai Basis Pengembangan Agrowisata di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pekarangan rumah merupakan sebuah area terbuka hijau yang didalamnya terdapat berbagai jenis tetumbuhan yang mampu menambah keindahan, penghasil tanaman obat, bahan makanan, tanaman hias, dan berpotensi sebagai atraksi dalam pengembangan agrowisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis tanaman pekarangan rumah, mengetahui manfaat tanaman dan pekarangan rumah, mengetahui persepsi masyarakat dan wisatawan terhadap pekarangan rumah, serta mengetahui manajemen pekarangan rumah di Desa Jampit Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2015 di Desa Jampit Kec. Sempol Kab. Bondowoso. Metode yang digunakan meliputi survei floristik, pendistribusian kuisioner dan wawancara semi-terstruktur. Keragaman jenis-jenis tumbuhan, periode tumbuh dan panen, pemanfaatan tumbuhan dianalisis secara deskriptif. Persepsi masyarakat dan wisatawan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di 20 pekarangan rumah didapatkan 84 spesies tanaman yang terbagi dalam 39 famili. Jenis tanaman pekarangan rumah terbagi dalam 5 kategori pemanfaatan yaitu bahan makan/sayur, rempah-rempah, pagar hidup, tanaman hias, dan buah-buahan dengan periode panen 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan tanaman yang dipanen sepanjang tahun. Manajemen pekarangan rumah di Desa Jampit sudah sangat baik seperti dalam hal tata letak, pemilihan tanaman, pengelolaan, dan perawatan tanaman. Persepsi masyarakat sangat setuju dengan adanya pekarangan rumah karena memberikan manfaat yang besar pada masyarakat dan masyarakat juga mendukung apabila pekarangan rumah dijadikan sebagai basis pengembangan agrowisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/263/051607356
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Sep 2016 15:22
Last Modified: 10 Mar 2022 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154779
[thumbnail of 154779.pdf]
Preview
Text
154779.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item