Identifikasi Hubungan Pemberian Antioksidan Jintan Hitam (Nigella Sativa) Terhadap Organ Ginjal Dari Mencit (Mus Musculus) Yang Terpapar Partikel Ultrafine Dari Asap Kendaraan Bermotor

Alfita, RizkaAyu (2016) Identifikasi Hubungan Pemberian Antioksidan Jintan Hitam (Nigella Sativa) Terhadap Organ Ginjal Dari Mencit (Mus Musculus) Yang Terpapar Partikel Ultrafine Dari Asap Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partikel ultrafine merupakan emisi yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor. Partikel ultrafine bersifat toksik karena memiliki diameter < 0,1 µm dapat masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan dan mengganggu organ ginjal. Namun, terdapat substansi yang dapat mengurangi kerusakan organ ginjal tersebut yaitu antioksidan jinten hitam. Penelitian dilakukan dengan memasukkan asap kendaraan bermotor jenis matic tahun 2010 hingga 2014 ke dalam Exposure chamber selama 150 second. Kemudian, mencit diberi antioksidan jinten hitam. Setelah penelitian selesai dibuat preparasi dan diamati perbesaran 400x. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kerusakan organ ginjal mencit dengan pemberian antioksidan jintan hitam. Pemberian antioksidan jinten hitam dapat menurunkan persentase kerusakan organ ginjal mencit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/260/051607353
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Sep 2016 14:22
Last Modified: 19 Sep 2016 14:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item