Identifikasi Hubungan Pemberian Antioksidan Jintan Hitam Terhadap Sel Darah Merah Dari Mencit Yang Terpapar Partikel Ultrafine Dari Asap Kendaraan Bermotor

Widiantono, DadikEko (2016) Identifikasi Hubungan Pemberian Antioksidan Jintan Hitam Terhadap Sel Darah Merah Dari Mencit Yang Terpapar Partikel Ultrafine Dari Asap Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partikel ultrafine merupakan salah satu emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Partikel ultrafine merupakan partikel dengan ukuran diameter ≤ 0,1 μm dan bersifat toksik yang mudah masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan dan menyebabkan translokasi ke dalam darah. Namun, ada substansi yang mampu mengurangi kerusakan yaitu antioksidan berupa jintan hitam. Penelitian dilakukan dengan memasukkan asap dari sepeda motor matic dengan tahun pembuatan 2010 hingga 2014 kedalam Exposure Chamber yang telah dimasukkan 5 hewan mencit dengan lama paparan 150s kemudian setelah dilakukannya pemaparan asap, mencit diberikan antioksidan jintan hitam. Setelah penelitian selesai dibuat preparasi sel darah dan diamati kerusakannya dengan perbesaran 1000x. Hasil pengamatan menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pemberian antioksidan jintan hitam terhadap sel darah merah dari mencit yang terpapar asap sepeda motor. Antioksidan jintan hitam dapat menurunkan kerusakan dari sel darah merah mencit yang terpapar asap sepeda motor kurang lebih 10%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/247/051606988
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:07
Last Modified: 23 Sep 2016 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154761
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item