Identifikasi Hubungan Pemberian Antioksidan Jintan Hitam Terhadap Organ Limpa Mencit Yang Terpapar Partikel Ultrafine Dari Asap Kendaraan Bermotor

Sari, CitraKurnia (2016) Identifikasi Hubungan Pemberian Antioksidan Jintan Hitam Terhadap Organ Limpa Mencit Yang Terpapar Partikel Ultrafine Dari Asap Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asap kendaraan bermotor adalah penyumbang terbesar polusi di udara. Emisi asap kendaraan bermotor berupa gas dan partikel seperti partikel ultrafine. Partikel ultrafine masuk kedalam tubuh melalui sistem pernafasan dan menganggu organ limpa. Namun, terdapat substansi yang mampu mengurangi kerusakan yaitu antioksidan berupa jintan hitam. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang hubungan pemberian jinten hitam terhadap organ limpa mencit yang terpapar partikel ultrafine dari asap kendaraan bermotor. Penelitian dilakukan dengan memasukkan asap kendaraan bermotor dari sepeda motor jenis matic tahun pembuatan 2010 hingga 2014 kedalam Exposure Chamber selama 150 second. Kemudian, mencit diberikan ekstrak jintan hitam. Setelah penelitian selesai dibuat preparasi dan diamati kerusakannya dengan perbesaran 400x. Hasil penelitian menunjukkan jika partikel ultrafine dari asap kendaraan bermotor dapat merusak organ limpa dan pemberian antioksidan jintan hitam dapat menurunkan persentase kerusakan organ limpa mencit sekitar 10% dikarenakan jintan hitam mengandung senyawa Thymoquinone.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/244/051606985
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:42
Last Modified: 23 Sep 2016 08:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154758
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item