Ketertarikan Arthropoda pada Tanaman Jeruk dan Blok Refugia di Kebun Jeruk dengan Sistem Konvensional Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Incaloberty, Prahanasa (2016) Ketertarikan Arthropoda pada Tanaman Jeruk dan Blok Refugia di Kebun Jeruk dengan Sistem Konvensional Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan struktur komunitas Arthropoda serta pola kunjung Arthropoda pada tanaman jeruk dan blok refugia di kebun jeruk dengan sistem konvensional. Pengamatan Arthropoda dilakukan dengan metode Visual Encounter. Pengambilan sampel dilakukan sebelum dan sesudah penyemprotan pestisida sebanyak tiga kali ulangan pada dua kebun berbeda. Struktur komunitas Arthropoda pada dua lokasi kebun menunjukan perbedaan. Arthropoda yang dominan pada kebun 1 adalah Famili Aleyrodidae dengan INP sebesar 70% sebelum penyemprotan pestisida dan 60.13% sesudah penyemprotan pestisida, sedangkan pada kebun 2 Arthropoda yang dominan adalah Famili Aleyrodidae dengan INP sebesar 50.58% sebelum penyemprotan pestisida dan 87.53% sesudah penyemprotan pestisida. Berdasarkan nilai indeks keanekaragaman Shanon-Wiener (H’) diketahui diversitas Arthropoda sebelum penyemprotan lebih tinggi daripada sesudah penyemprotan. Tingkat diversitas Arthropoda di kedua kebun rendah hingga sedang, yaitu berkisar 1-3. Famili Aleyrodidae merupakan Arthropoda yang memiliki kunjungan lebih tinggi dibandingkan Famili Arthropoda lainnya. Famili Aleyrodidae mengalami puncak kunjungan pada tiga lokasi pengamatan yaitu pada tanaman jeruk di kebun 1, tanaman jeruk di kebun 2 dan blok refugia di kebun 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/243/051606984
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:36
Last Modified: 23 Sep 2016 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154757
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item