Pengelompokan Mahasiswa Berdasarkan Manfaat Yang Diperoleh Setelah Mengikuti Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Menggunakan Analisis Two Step Cluster (Studi Pada Mahasiswa Tahun Akademik 2015/2016 F

Ilmayanti, DiahAmaliya (2016) Pengelompokan Mahasiswa Berdasarkan Manfaat Yang Diperoleh Setelah Mengikuti Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Menggunakan Analisis Two Step Cluster (Studi Pada Mahasiswa Tahun Akademik 2015/2016 F. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru diadakan agar mahasiswa memiliki sikap dan karakter yang mandiri dan berwawasan luas serta lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Pada pelaksanaannya, kegiatan tersebut seringkali menimbulkan pro dan kontra dari berbagai kalangan, misalnya penanaman nilai yang dilakukan, proses pelaksanaan kegiatan hingga manfaat yang diperoleh mahasiswa baru setelah mengikuti kegiatan tersebut. Penelitian ini membahas tentang manfaat yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus menggunakan analisis Two Step Cluster. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelompokan mahasiswa tahun akademik 2015/2016 Fakultas MIPA Universitas Brawijaya berdasarkan manfaat yang diperoleh dalam hal motivasi berprestasi, minat organisasi dan minat penalaran setelah mengikuti serangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru tingkat Fakultas. Selain itu, digunakan variabel demografi sehingga cluster yang terbentuk akan berisi informasi mengenai karakteristik mahasiswa tahun akademik 2015/2016. Hasil penelitian ini diperoleh 3 cluster optimal dengan menggunakan metode Bayesian Information Criterion (BIC) yang memiliki ukuran yang hampir sama. Cluster pertama sebesar 36% atau sebanyak 82 orang, cluster kedua sebesar 32,9% atau 75 orang, dan cluster ketiga sebesar 31,1% atau 71 orang. Cluster pertama dianggap memperoleh manfaat yang paling besar dibandingkan cluster lainnya karena memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, minat organisasi sedang dan minat penalaran yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/225/051606831
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Sep 2016 14:14
Last Modified: 16 Sep 2016 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154737
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item