Analisis Pengendalian Kualitas Air Bersih Pusdiklat Migas Cepu Jawa Tengah Dengan Grafik Kendali Multivariat T2 Hotelling

Sawiyan, MulkiFurqon (2016) Analisis Pengendalian Kualitas Air Bersih Pusdiklat Migas Cepu Jawa Tengah Dengan Grafik Kendali Multivariat T2 Hotelling. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Air merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi manusia. Namun tidak semua jenis air dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sehingga harus ada standar mutu tertentu. Berhubungan dengan standar mutu air maka pemerintah sudah menetapkan lewat peraturan nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air bersih. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kualitas air bersih agar tetap sesuai dengan spesifikasi adalah dengan melakukan pengendalian kualitas. Penelitian ini menganalisis pengendalian kualitas air bersih dari Pusdiklat Migas Cepu serta tanggapan masyarakat terhadap kualitas air bersih dari Pusdiklat Mias Cepu. Karakteristik kualitas air yang dianalisis yaitu pH, Turbidity, dan Total Solid serta tanggapan masyarakat tentang kualitas air yang meliputi kejernihan, bau, rasa, warna, serta arus air dari Pusdiklat Migas Cepu dengan menggunakan grafik kendali multivariat T 2 Hotelling. Kualitas air bersih dari Pusdiklat Migas Cepu serta tanggapan masyarakat sudah terkendali secara statistik dengan tidak ada titik sampel yang out of control sehingga kualitas air bersih yang sudah baik. Serta hasil Indek Kapabilitas Proses sebesar 15,5498 yang menunjukkan bahwa proses pengolahan air bersih di Pusdiklat Migas Cepu sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/215/051606821
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Sep 2016 08:59
Last Modified: 16 Sep 2016 08:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154726
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item