Perbandingan Analisis Multidimensional Scaling (MDS) Non-Metrik Dan Analisis Robust Multidimensional Scaling (MDS) Pada Data Persepsi Konsumen Terhadap Produk Yang Mengandung Pencilan

Surono, PrasetyoIndra (2016) Perbandingan Analisis Multidimensional Scaling (MDS) Non-Metrik Dan Analisis Robust Multidimensional Scaling (MDS) Pada Data Persepsi Konsumen Terhadap Produk Yang Mengandung Pencilan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis persaingan akan membantu manajemen untuk memutuskan di mana suatu produk akan bersaing dan bagaimana menentukan posisi menghadapi pesaing pada setiap pasar sasaran. Salah satu metode statistika yang bisa digunakan untuk mengetahui positioning suatu produk adalah Multidimensional Scaling (MDS). Analisis MDS adalah analisis yang dapat mengetahui penempatan suatu produk yang sedang diteliti dan juga mengetahui penempatan produk tersebut berdasarkan persepsi konsumen. Analisis MDS baik metrik maupun non-metrik sangat rentan terhadap pencilan karena akan mempengaruhi hasil analisis yang adakalanya pencilan tersebut mengandung informasi yang tidak diberikan oleh titik data lain. Oleh karena itu, supaya analisis MDS tetap optimal dalam penganalisisan meskipun dalam kondisi data yang mengandung pencilan maka diperlukan suatu penaksir robust, yaitu metode robust MDS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil analisis MDS non-metrik dan robust MDS yang diterapkan pada 5 data set persepsi konsumen terhadap suatu produk yang mengandung pencilan dan mendapatkan hasil perbandingan antara kedua analisis pada 5 data set tersebut. Data yang digunakan adalah 5 data sekunder dari 5 hasil penelitian tentang segmentasi dan persepsi konsumen terhadap suatu produk. Hasil dari penelitian, analisis robust MDS lebih baik digunakan dalam memetakan suatu produk berdasarkan persepsi konsumen meskipun data tersebut mengandung pencilan. Hal ini dikarenakan adanya pembobotan pada koordinat pembentuk peta konfigurasi robust MDS sehingga informasi yang diperoleh berdasarkan peta konfigurasi optimum robust MDS lebih optimal dan akurat dalam menggambarkan posisi objek. Selain itu, adanya pembobotan menyebabkan nilai STRESS pada robust MDS lebih kecil daripada nilai STRESS MDS non-metrik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/213/051606819
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Sep 2016 08:47
Last Modified: 16 Sep 2016 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154724
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item