Karakterisasi Dan Efektivitas Pupuk Cair Mol-Biopestisida Dari Beberapa Tanaman Beracun Yang Ditambah Akar Vetiver Untuk Kebun Sayur Organik

Laili, Zulfah (2016) Karakterisasi Dan Efektivitas Pupuk Cair Mol-Biopestisida Dari Beberapa Tanaman Beracun Yang Ditambah Akar Vetiver Untuk Kebun Sayur Organik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah karakterisasi warna, bau, pH, dan konduktivitas pupuk cair Mol-biopestisida dari beberapa tanaman beracun dan akar vetiver, menetukan efektivitas Mol-biopestisida terhadap pertumbuhan tanaman dan serangan hama, serta menentukan respon petani terhadap karakter Mol-biopestisida. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan empat ulangan pada kontrol (Mol-biopestisida dari urine kuda (B 0 V 0 )) dan enam perlakuan yang berbeda. Perlakuan pada Mol-biopestisida yang digunakan adalah daun mimba dengan akar vetiver (B 1 V 1 ), daun mimba tanpa akar vetiver (B 1 V 0 ), daun pulai dengan akar vetiver (B 2 V 1 ), daun pulai tanpa akar vetiver (B 2 V 0 ), gadung dengan akar vetiver (B 3 V 1 ), gadung tanpa akar vetiver (B 3 V 0 ). Mol-biopestisida disemprotkan pada sayur organik (kangkung, bayam, dan terong) yang ditanam dalam satu polybag. Variabel bebas adalah bahan Molbiopestisida (tanaman beracun dan akar vetiver). Variabel terikat adalah karakter Mol-biopestisida (warna, bau, pH, dan konduktivitas) dan tanaman sayur organik (tinggi tanaman, diameter batang, produktivitas tanaman, serta serangan hama dan penyakit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mol-biopestisida dari beberapa tanaman beracun memiliki nilai pH dan konduktivitas lebih rendah dibandingkan dari urine kuda, tetapi pada umumnya bewarna kuning. Produktivitas tertinggi dan persentase serangan hama terendah terdapat pada sayur organik yang disemprot Mol-biopestisida dari daun mimba tanpa penambahan akar vetiver (B 1 V 0 ). Bau Molbiopestisida dari tiga tanaman beracun lebih dapat diterima dibandingkan urine kuda. Pengaplikasian akar vetiver belum efektif untuk mengurangi bau menyengat pada Mol-biopestisida.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/212/051606818
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 16 Sep 2016 08:43
Last Modified: 16 Sep 2016 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154723
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item