Aplikasi Grafik Kendali Multivariat Np (Mnp) Pada Pengendalian Kualitas Mulsa Topi Gunung Kt 0921 (Studi Kasus Di Pt Kencana Tiara Gemilang Malang)

Yulitasari, HerwinaEva (2016) Aplikasi Grafik Kendali Multivariat Np (Mnp) Pada Pengendalian Kualitas Mulsa Topi Gunung Kt 0921 (Studi Kasus Di Pt Kencana Tiara Gemilang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri yang cukup pesat membuat perusahaan dituntut untuk menciptakan produk dengan kualitas yang unggul. Produk dengan kualitas unggul akan lebih diminati konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus benar-benar menjaga kualitas produknya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga kualitas produk adalah dengan melakukan pengendalian kualitas. Salah satu alat pengendalian kualitas adalah grafik kendali. Penelitian ini menerapkan grafik kendali Multivariat np (Mnp) pada data primer produk plastik mulsa di PT Kencana Tiara Gemilang, Malang, dengan variabel yang digunakan adalah berat/m, tebal dan lebar. Masing-masing variabel memiliki batas spesifikasi. Apabila tidak memenuhi spesifikasi, maka produk dianggap cacat atau tidak sesuai. Penggunaan grafik kendali ini dikarenakan data pengamatan berupa data atribut yang saling berkorelasi. Data atribut merupakan data yang diperoleh dengan memperhatikan karakteristik suatu produk dan dinyatakan dengan cacat atau tidak cacat. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi sudah terkendali secara statistik pada fase 1, tetapi belum terkendali pada fase 2. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran proses dari fase 1 ke fase 2. Setelah dilakukan identifikasi, diketahui bahwa penyebab out of control pada fase 2 adalah variabel lebar dan tebal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2016/148/051604329
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:47
Last Modified: 26 Sep 2016 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154649
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item