Pengaruh Benzo(a)pyrene Terhadap Mutasi Gen Parp-1 Ekson 23 pada Paru Mencit (Mus musculus) : Analisis Menggunakan DGGE (Denaturing Gradien Gel Electrophoresis)

Sari, AnissaNofita (2015) Pengaruh Benzo(a)pyrene Terhadap Mutasi Gen Parp-1 Ekson 23 pada Paru Mencit (Mus musculus) : Analisis Menggunakan DGGE (Denaturing Gradien Gel Electrophoresis). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pencemaran udara merupakan masalah besar di lingkungan dan masyarakat yang dapat membahayakan bagi tubuh. Pencemaran udara dapat berupa asap gunung berapi, kebakaran hutan, polusi kendaraan, produk batu bara, tar, aspal, minyak bumi, asap rokok dan asap pembakaran sampah yang menghasilkan senyawa karsinogenik benzo(a)pyrene. Benzo(a)pyrene dapat menginduksi terjadinya mutasi gen Parp-1. Gen Parp-1 berperan dalam perbaikan kerusakan DNA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh benzo(a)pyrene terhadap mutasi gen Parp–1 ekson 23 pada paru mencit yang dianalisis menggunakan DGGE. Penelitian ini menggunakan hewan coba mencit BALB-c jantan berumur 3 bulan, memiliki berat badan 20-30 gram. Perlakuan pada mencit dibagi menjadi tiga, yaitu (A) Kontrol, (B) Injeksi minyak jagung, (C) Injeksi benzo(a)pyrene dosis total 250 mg/kg BB. Benzo(a)pyrene diberikan pada mencit secara intraperitoneal. Dilakukan isolasi DNA paru mencit. Kemudian amplifikasi gen Parp-1 ekson 23 dengan PCR, primer yang digunakan yaitu forward GC-Clamp: 5’- CGCCCGCCGCGCCCCGCGCCCGTCCCGCCGCCCCCGCCC GGTTGTTTGTGGTTTGTCCTA-3’ dan reverse 5’TTTTTAGC TCAAAATAAATGCTTAA-3’. Lalu dilakukan analisis visualisasi hasil amplifikasi. Mutasi gen Parp-1 ekson 23 dianalisis menggunakan metode DGGE dengan denaturan 20 %-40 %, dan dirunning selama 5,5 jam pada suhu 55º C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan profil band DNA dari hasil DGGE pada semua sampel, sehingga menunjukkan bahwa benzo(a)pyrene dosis total 250 mg/kg BB tidak berpengaruh terhadap mutasi gen Parp-1 ekson 23 pada paru mencit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/448/051509329
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 13 Jan 2016 11:31
Last Modified: 13 Jan 2016 11:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154503
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item