Sequential Injection-Valve Mixing (SI-VM) untuk Penentuan Kadmium(II) pada Air Sungai Menggunakan Pengompleks Alizarin Red S

Rizky, DenyArdyansyah (2015) Sequential Injection-Valve Mixing (SI-VM) untuk Penentuan Kadmium(II) pada Air Sungai Menggunakan Pengompleks Alizarin Red S. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kadmium merupakan logam berat beracun yang dapat membahayakan manusia dan lingkungan. Nilai ambang batas kadmium pada air sungai yaitu 0,01 ppm. Penentuan kadmium pada umumnya menggunakan metode SSA dan Spektrofotometri UV-Vis yang memiliki kelemahan yaitu banyaknya reagen yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kondisi optimum kadmium dalam air sungai secara sequenial injection-valve mixing serta mengaplikasikannya untuk penentuan kadmium pada air sungai. Penentuan kadmium(II) dalam air sungai dilakukan menggunakan metode SI-VM dengan pengompleks Alizarin Red S (ARS). Kompleks Cd-ARS yang terbentuk dideteksi dengan detektor RGB yang dilengkapi sel alir pada panjang gelombang 422 nm. Parameterparameter yang mempengaruhi antara lain pH, konsentrasi dan volume ARS, waktu reaksi dan laju alir menuju detektor. Kondisi optimum kompleks Cd-ARS yang dihasilkan yaitu pada pH 5, konsentrasi ARS 1 x 10-3 M, volume ARS 150 μL, dan waktu reaksi 3 detik. Penentuan kadmium dengan metode SI-VM memiliki sensitivitas tinggi, memiliki limit deteksi 1,016 ppb,waktu analisis cepat (30 detik/sampel), dan reagen yang digunakan sedikit (150 μL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/420/051509301
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 28 Jan 2016 14:57
Last Modified: 28 Jan 2016 14:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154473
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item