Simulasi Klasifikasi Dengan Metode Quest (Quick, Unbiased, Efficient Statistical Tree) Pada Data Hasil Imputasi Berganda Dan Imputasi Modus

Kasih, AnnisaSekar (2015) Simulasi Klasifikasi Dengan Metode Quest (Quick, Unbiased, Efficient Statistical Tree) Pada Data Hasil Imputasi Berganda Dan Imputasi Modus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sering kali data mengandung nilai hilang (missing value). Metode pengisian/penggantian missing value dengan suatu nilai disebut imputasi. Missing value pada variabel kategorik biasanya diimputasi dengan nilai modus. Imputasi menggunakan beberapa nilai dikenal dengan imputasi berganda (multiple imputation), di mana nilai imputasi diprediksi dari sebaran nilai pada variabel. Pada penelitian ini kinerja imputasi modus dan imputasi berganda dibandingkan dengan simulasi berdasarkan persentase hasil klasifikasi dan selisih hasil klasifikasi (antara data lengkap asli dan data lengkap imputasi) yang dihasilkan dengan metode QUEST (Quick, Unbiased, Efficient Statistical Tree). Hasil analisis menunjukkan bahwa imputasi modus lebih unggul daripada imputasi berganda dalam mengimputasi missing value pada variabel kategorik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/409/051509290
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 25 Jan 2016 11:05
Last Modified: 25 Jan 2016 11:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154459
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item