Pemetaan Sebaran Endapan Mineral Logam Pembawa Emas Berdasarkan Interpretasi Data Polarisasi Terimbas Domain Waktu Pada Zona Low Sulfidation Di Lapangan X, Studi Kasus Tambang Emas Pongkor PT Aneka Ta

Alparisyi, MuhamadIbnu (2015) Pemetaan Sebaran Endapan Mineral Logam Pembawa Emas Berdasarkan Interpretasi Data Polarisasi Terimbas Domain Waktu Pada Zona Low Sulfidation Di Lapangan X, Studi Kasus Tambang Emas Pongkor PT Aneka Ta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pemetaan sebaran endapan mineral logam pembawa emas di lapangan “X”, di daerah Tambang Emas Pongkor, PT Aneka Tambang,Tbk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Geolistrik Polarisasi Terimbas Domain Waktu dengan konfigurasi dipole-dipole. Pengukuran dilakukan pada 6 lintasan dengan panjang masing-masing 1000 m untuk 2 lintasan serta 650 m untuk 4 lintasan. Data polarisasi terimbas domain waktu diolah dengan software Res2dinv versi 3.55, Surfer 10 dan Geosoft Oasis Montaj. Interpretasi dilakukan berdasarkan parameter yang didapat berupa resistivitas dan chargebilitas yang dikorelasikan dengan informasi geologi regional di daerah penelitian. Dari hasil analisis, didapatkan bahwa kondisi bawah permukaan daerah penelitian diduga terdiri dari tiga batuan utama yaitu tuff dengan nilai resistivitas 0-85 Ohm.m, pelapukan andesit dan breksi dengan nilai resistivitas 85-200 Ohm, serta andesit dan breksi dengan nilai > 200 Ohm.m. Ketiga sebaran batuan tersebut memiliki nilai chargeabilitas pada kisaran 0-525 ms. Dari hasil korelasi nilai resistivitas dan chargeabilitas ditemukan tiga zona alterasi yang mengindikasikan adanya mineral emas. Dari ketiga zona alterasi, zona alterasi silisifikasi mendominasi dengan bertambahnya kedalaman dengan arah Barat ke Timur yang searah dengan arah sesar (patahan) utama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/394/05150509275
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 11 Jan 2016 09:41
Last Modified: 11 Jan 2016 09:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154441
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item