Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Nilai Kapasitansi dan Konstanta Dielektrik Daging Sapi dengan Metode Dielektrik pada Frekuensi Rendah

Fauzah, Mastin (2015) Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Nilai Kapasitansi dan Konstanta Dielektrik Daging Sapi dengan Metode Dielektrik pada Frekuensi Rendah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging sapi merupakan makanan dengan kandungan gizi tinggi yang mudah mengalami kerusakan akibat mikroorganisme cepat tumbuh apabila tidak segera disimpan. Perlakuan pada daging mempengaruhi kandungan air yang mendominasi dan kondisi fisik daging. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan terhadap nilai kapasitansi dan konstanta dielektrik daging sapi. Kapasitansi diperoleh dari pengukuran dengan metode dielektrik pada frekuensi rendah menggunakan plat kapasitor sejajar berukuran 20  10 mm2 dengan jarak antar plat 5 mm, dihubungkan pada LCR meter GW-instek seri 816 dengan probe ganda L dan H. Konstanta dielektrik diperoleh melalui perhitungan dari hasil kapasitansi, luasan plat dan jarak antar plat. Range frekuensi yang digunakan adalah 100 Hz – 2000 Hz. Sampel daging sapi disimpan di lemari es dan di suhu ruang dengan wadah terbuka dan tertutup. Masing-masing sampel disimpan selama 1 sampai 4 hari, dan 1 sampel yang tidak disimpan (penyimpanan 0 hari). Hasil penelitian menunjukkan nilai kapasitansi secara umum mengalami kenaikan seiring semakin lama penyimpanan, begitu juga dengan nilai konstanta dielektriknya. Tetapi terjadi penurunan pada beberapa hasil pengukuran yang disebabkan karena kandungan air dan kondisi fisik daging sapi yang berbeda akibat penyimpanan dengan waktu dan tempat berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/356/051509217
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 25 Jan 2016 09:10
Last Modified: 25 Jan 2016 09:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154401
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item