Penentuan Panjang Gelombang Maksimum dan pH Optimum Untuk Penentuan Tiosianat Berdasarkan Pada Pembentukan Senyawa Hidrindantin Merah

Supriantono, Mochamad (2015) Penentuan Panjang Gelombang Maksimum dan pH Optimum Untuk Penentuan Tiosianat Berdasarkan Pada Pembentukan Senyawa Hidrindantin Merah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) merupakan salah satu masalah gizi yang secara tidak langsung disebabkan oleh tiosianat.Penentuan tiosianat dapat dilakukan secara spektrofotometri yang didasarkan pada reaksi pembentukan senyawa hidridantin merah. Pembentukannya dapat dilakukan dengan cara mereaksikan tiosianat dalam larutan Na2CO3 0,5% (b/v) dan ninhidrin 1% (b/v), dengan oksidator hipoklorit 0,15 M yang berguna mengoksidasi tiosianat menjadi sianida, dilanjutkan dengan penambahan NaOH sebagai pengatur suasana basa yang sesuai untuk pembentukan hidridantin merah. Selanjutnya ditunggu selama 30 menit untuk mencapai intensitas maksimum dan kestabilan hidridantin merah.Penelitian ini bertujuan untuk menentukan λ maksimum dan derajat keasaman (pH) optimum senyawa hidridantin merah.Penentuan λ maksimum dilakukan menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada kisaran λ 400-700 nm.Optimasi pH dilakukan mengkondisikan hidridantin merah menggunakan larutan NaOH untuk menghasilkan pH 8-12.Hasil penelitian ini diperoleh λ maksimum 485 nm dan pH optimum hidridantin merah adalah 10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/322/051509183
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 18 Jan 2016 15:29
Last Modified: 18 Jan 2016 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154364
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item