Pengaruh Diameter Umbi Hasil Perkecambahan Biji Terhadap Pertumbuhan Porang (Amorphophallus muelleri Blume) pada Fase Pertumbuhan Kedua

mayasari, Dina (2015) Pengaruh Diameter Umbi Hasil Perkecambahan Biji Terhadap Pertumbuhan Porang (Amorphophallus muelleri Blume) pada Fase Pertumbuhan Kedua. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya penyediaan bibit porang saat ini menggunakan biji poliembrio, namun hasil perkecambahan biji ini akan menghasilkan umbi-umbi yang ukurannya beragam. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil pertumbuhan porang berdasarkan diameter umbi hasil perkecambahan biji yang diharapkan dapat dipakai sebagai rekomendasi pengadaan bibit porang di Indonesia. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dengan perlakuan kategori umbi dan ulangan sebanyak 9 (sembilan) kali. Kategori diameter umbi dibedakan menjadi 3 (tiga) yakni umbi kategori kecil (10 - 18 mm), umbi sedang (>18 - 23 mm), dan umbi besar (>23 - 34 mm). Perbandingan viabilitas umbi, pertumbuhan tinggi tangkai daun dan lebar tajuk maksimal serta ukuran umbi fase pertumbuhan kedua dianalisis menggunakan program SPSS dengan uji beda (ANOVA) pada taraf 5 %, kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi 5 %. Perbandingan ukuran umbi fase pertumbuhan pertama dengan ukuran umbi fase pertumbuhan kedua dianalisis menggunakan uji T. Hasil menunjukan umbi kategori besar memiliki pertumbuhan yang baik ditinjau dari viabilitas umbi tertinggi, tajuk paling lebar, tangkai daun tertinggi, dan produktivitas umbi yang tinggi. Hasil uji Anova menunjukkan diameter umbi hasil perkecambahan biji tidak berpengaruh terhadap lebar tajuk maksimal, namun berpengaruh terhadap tinggi tangkai daun dan hasil pengukuran umbi akhir fase pertumbuhan kedua. Hasil uji T menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nyata pada diameter, tebal, berat akhir antara fase pertumbuhan pertama dan akhir fase pertumbuhan kedua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/251/051505496
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Aug 2015 08:48
Last Modified: 21 Aug 2015 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154286
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item