Penentuan Pemenang Tender Untuk Hosting Internet 10 Mbps Menggunakan Metode Topsis (Studi Kasus Pada Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (Lapan), Rumpin).

Rakhmanto, MRizkhy (2015) Penentuan Pemenang Tender Untuk Hosting Internet 10 Mbps Menggunakan Metode Topsis (Studi Kasus Pada Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (Lapan), Rumpin). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tender (pengadaan) biasa diselenggarakan dengan cara konvensional dimana langsung mempertemukan pihak-pihak terkait seperti panitia dan peserta tender. Pengadaan barang/jasa dapat dilakukan secara elektronik. Pengadaan secara elektronik adalah pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dalam penelitian ini akan dibuat sebuah sistem pendukung keputusan untuk memudahkan pihak panitia pengadaan dalam proses penentuan pemenang tender, yaitu dengan menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Secara garis besar, langkah yang harus dilakukan dalam menggunakan metode TOPSIS adalah membuat matriks keputusan yang ternormalisasi, memberi bobot pada matriks keputusan yang ternormalisasi, menentukan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, menentukan jarak antara nilai setiap alternatif dengan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, dan menentukan nilai preferensi untuk setiap alternatif. Ada beberapa kriteria yang menjadi dasar pengambilan keputusan, antara lain administrasi, teknis, harga, dan kualifikasi. Sementara itu, alternatif yang digunakan berupa perusahaan yang mendaftar menjadi peserta (dalam penelitian ini terdapat 19 perusahaan maupun kemitraan). Hasil akhir dalam penelitian ini menghasilkan PT. Platinum Network Indonesia berada pada urutan pertama (pemenang), PT. Palapa Network Nusantara pada urutan ke dua (cadangan pertama), dan PT. Indonesia Super Corridor pada urutan ke tiga (cadangan ke dua).

English Abstract

Tender usually held in a conventional manner which brings direct stakeholders such as committee and bidders. This can lead to corruption, collusion, and nepotism. In this research will be made a decision support system to facilitate commitee in a process of determining the winner of tender by using Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). The steps should be taken in using TOPSIS methods are making the normalized decision matrix, giving weight to the normalized decision matrix, determining the positive ideal solution and negative ideal solution, determine the distance between the value of each alternative with positive ideal solution and negative ideal solution, and specifies the preference value for each alternative. There are some criteria which become to base decision, among others, administrative, technical, price, and qualification. Meanwhile, the alternative to used form companies which register as a participant (in this research there are 19 companies and partnerships). The final result in this research are PT. Platinum Network Indonesia ranks first (the winner), PT. Palapa Network Nusantara in order to two (backup first), and PT. Indonesia Super Corridor in order to three (backup second).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/25/051501587
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 24 Feb 2015 15:29
Last Modified: 24 Feb 2015 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154284
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item