Pemilihan Jenis Ikan Budidaya Dengan Menggunakan Metode Entropy-Topsis (Studi Kasus: Tambak Ikan Bapak Sobirin Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang)

Sari, MimingErvika (2015) Pemilihan Jenis Ikan Budidaya Dengan Menggunakan Metode Entropy-Topsis (Studi Kasus: Tambak Ikan Bapak Sobirin Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budidaya ikan air tawar merupakan usaha pengembangbiakan ikan yang memanfaatkan suatu lahan yang ada, guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Menurut Cahyono terdapat 7 kriteria yang dapat mempengaruhi proses bududaya ikan yakni harga benih, biaya pakan, lama panen, kepadatan kolam, harga jual, kesulitan pemeliharaan, serta minat konsumen. Pemilihan jenis ikan yang akan dikembangbiakan pada tambak ikan milik bapak Sobirin menunjukkan bahwa pada studi kasus tersebut ikan lele merupakan jenis ikan yang paling ideal untuk dipelihara. Jenis ikan yang dapat disarankan untuk tidak dipelihara pada proses budidaya selanjutnya adalah nila dan gurami, karena 2 jenis ikan tersebut menempati ranking terbawah dari 5 jenis ikan yaitu lele, patin, mujair, nila dan gurami. Pemilihan jenis ikan ini, menggunakan metode Entropy dalam menghitung bobot kriteria serta menggabungkan dengan metode TOPSIS untuk perankingan alternatif yang terpilih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/245/051505490
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2015 14:23
Last Modified: 20 Aug 2015 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154279
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item