Identifikasi Sistem Panasbumi Dan Distribusi Fluida Injeksi Pada Lapangan Panasbumi X Melalui Estimasi Poisson’s Ratio Studi Kasus Data Meq

Utami, IkaWahyu (2015) Identifikasi Sistem Panasbumi Dan Distribusi Fluida Injeksi Pada Lapangan Panasbumi X Melalui Estimasi Poisson’s Ratio Studi Kasus Data Meq. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai aktivitas kegempaan telah dilakukan di area lapangan panasbumi X guna mengidentifikasi sistem panasbumi dan distribusi fluida injeksi pada lapangan panasbumi X. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data gempa mikro periode Januari 2013 hingga Agustus 2014. Data gempa mikro diolah agar didapatkan lokasi hiposenter masing-masing event gempa dengan metode SED dan nilai perbandingan kecepatan gelombang P dan gelombang S (Vp/Vs) di setiap lokasi event gempa dengan diagram wadati. Sebaran nilai Poisson’s ratio pada lapangan panasbumi X dapat diestimasi dari nilai Vp/Vs. Dari penelitian diperoleh 409 lokasi hiposenter gempa mikro, dengan sebaran nilai Poisson’s ratio yang bervariasi antara 0,002 hingga 0,449. Hasil estimasi Poisson’s ratio menunjukkan bahwa lapangan panasbumi X memiliki nilai Poisson’s ratio dominan rendah sehingga lapangan panasbumi X dapat dikelompokkan sebagai lapangan dengan sistem panasbumi dominasi uap. Sebaran nilai Poisson’s ratio pada area lapangan panasbumi X kemudian digunakan untuk menentukan distribusi fluida injeksi pada lapangan panasbumi X. Hasil overlay sebaran nilai Poisson’s ratio dengan data pendukung menunjukkan bahwa fluida injeksi mengalir dari sumur injeksi menuju sumur produksi melalui struktur geologi yang terdapat di area lapangan panasbumi X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/244/051505489
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2015 14:20
Last Modified: 20 Aug 2015 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154278
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item