Uji Potensi serta Identifikasi Bakteri Penghasil Hormon Indole Acetic Acid (IAA) dan Pelarut Fosfat dari Tanah Rhizosfer Cengkeh (Syzigium aromaticum L.)”

Sukmadewi, DesakKetutTristiana (2015) Uji Potensi serta Identifikasi Bakteri Penghasil Hormon Indole Acetic Acid (IAA) dan Pelarut Fosfat dari Tanah Rhizosfer Cengkeh (Syzigium aromaticum L.)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkebunan cengkeh menggunakan pupuk kimia sintetik untuk meningkatkan produksinya. Penggunaan pupuk kimia sintetik dalam jangka waktu yang lama menyebabkan degradasi kualitas tanah. Oleh karena itu diperlukan pupuk hayati sebagai alternatif untuk meningkatkan kesuburan tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari potensi isolat bakteri penghasil hormon IAA dan pelarut fosfat serta mengidentifikasi spesies bakteri yang paling unggul sebagai penghasil hormon IAA dan pelarut fosfat dari tanah rhizosfer tanaman cengkeh.Tahapan penelitian meliputi pengambilan sampel tanah serta pengukuran parameter lingkungannya, isolasi bakteri penghasil hormon IAA dan pelarut fosfat, uji potensi bakteri penghasil hormon IAA dan pelarut fosfat serta identifikasi bakteri secara molekular berdasarkan 16S rDNA. Bakteri yang berpotensi menghasilkan hormon IAA tertinggi adalah isolat TCKI 5 dari Karangasem dengan konsentrasi IAA sebesar 19,64 ppm pada waktu inkubasi 48 jam. Bakteri yang memiliki potensi melarutkan fosfat tertinggi adalah isolat TCBP 6 sebesar 1687,77 ppm dengan waktu inkubasi selama tujuh hari. Isolat TCKI 5 teridentifikasi Leclercia adecarboxylata C107 dengan nilai similaritas 99,92 %, sedangkan TCBP 6 teridentifikasi Burkholderia cepacia GJ8 dengan nilai similaritas 99,61 % .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/231/051505476
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Aug 2015 10:50
Last Modified: 20 Aug 2015 10:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154264
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item