Perbandingan Metode Pengelompokan Terbaik Berdasarkan Algoritma K-Means Dan K-Medians Pada Data Yang Mengandung Pencilan

Nuraini, Ukhti (2015) Perbandingan Metode Pengelompokan Terbaik Berdasarkan Algoritma K-Means Dan K-Medians Pada Data Yang Mengandung Pencilan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis kelompok merupakan salah satu teknik multivariat yang bertujuan untuk mengelompokkan objek berdasarkan karakteristik tertentu, sehingga objek yang berada dalam satu kelompok bersifat homogen dan antar kelompok satu dengan kelompok yang lain bersifat heterogen. K-means merupakan salah satu metode pengelompokan non-hirarki yang sering digunakan, namun karena menggunakan rata-rata sebagai pusat pengelompokan, metode ini sensitif terhadap keberadaan data pencilan. Pada analisis kelompok non-hirarki data pencilan dapat membuat penetapan pusat kelompok pada proses iterasi menjadi tidak tepat, sehingga pengelompokan tidak terbentuk secara optimal dan hasil analisis menjadi tidak valid. Pada analisis kelompok keberadaan data pencilan sulit dihindari, sehingga diperlukan metode alternatif yang kekar terhadap data pencilan yaitu k-medians. K-medians merupakan salah satu metode analisis kelompok non-hirarki yang menggunakan median sebagai pusat pengelompokan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode pengelompokan terbaik berdasarkan algoritma k-means dan k-medians pada data yang mengandung pencilan dengan menggunakan ukuran kemiripan jarak Mahalanobis. Pada penelitian ini digunakan 10 data sekunder yang terindikasi mengandung pencilan, kemudian dilakukan proses analisis data menggunakan software SYSTAT 13.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan indikator pembandingan Cluster Tightness Measure (CTM) pada 10 data yang digunakan, algoritma k-medians memiliki nilai CTM lebih kecil daripada algoritma k-means pada seluruh data. Pengelompokan dapat dikatakan optimal apabila nilai CTM semakin mendekati nol atau dengan kata lain memiliki CTM terkecil, sehingga dapat dikatakan bahwa algoritma k-medians merupakan metode pengelompokan terbaik pada data yang mengandung pencilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/201/051504902
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2015 14:17
Last Modified: 09 May 2022 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154231
[thumbnail of UKHTI NURAINI.pdf] Text
UKHTI NURAINI.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item