Biosintesis Ekstraseluler Dan Karakterisasi Mikroskopik Nanomaterial Berbahan Baku Abu Ampas Tebu Oleh Lactobacillus Bulgaricus

Harisna, AzzaHanif (2015) Biosintesis Ekstraseluler Dan Karakterisasi Mikroskopik Nanomaterial Berbahan Baku Abu Ampas Tebu Oleh Lactobacillus Bulgaricus. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ampas tebu memiliki potensi sebagai sumber daya alam nanopartikel silika yang sangat dibutuhkan pada berbagai bidang nanoteknologi. Metode produksi nanopartikel secara kimia dan fisika dirasa terlalu mahal dan tidak ramah lingkungan. Inovasi untuk meningkatkan kualitas produksi nanopartikel dengan metode ramah lingkungan dapat menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus.Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh Lactobacillus bulgaricus pada produksi nanomaterial dari bahan dasar abu ampas tebu dan perubahan karakter nanomaterial hasil inkubasi Lactobacillus bulgaricus sebelum dan setelah diberi perlakuan freeze drying. Penelitian dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap produksi meliputi pertumbuhan Lactobacillus bulgaricus serta biosintesis dan karakterisasi hasil biosintesis pada waktu 24 jam, 48 jam dan 72 jam menggunakan mikroskop SEM, polarisasi, stereo dan flourescence. Hasil menunjukkan bahwa nanomaterial yang dihasilkan adalah nanomaterial organik yang berbentuk sperikal (bulat), kristalin, dan dapat berpendar ketika terkena cahaya flouresence. Ukuran nanosilika terkecil sebesar 55-42 nm terdapat pada inkubasi 72 jam. Sampel yang telah di freeze drying memiliki struktur dan bentuk yang lebih rumit dan lebih kecil bentuknya daripada sampe sebelum di freeze drying. Lamanya waktu inkubasi terbukti mempengaruhi ukuran dan bentuk nanomaterial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/200/051504901
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2015 14:09
Last Modified: 19 Aug 2015 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154230
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item