Analisis Kelompok K-Error Dalam Pengelompokan Kota/Kabupaten Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pendidikan Tahun 2011 - 2013

Septasari, PutriRahayu (2015) Analisis Kelompok K-Error Dalam Pengelompokan Kota/Kabupaten Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pendidikan Tahun 2011 - 2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu bidang yang memiliki andil besar terhadap kemajuan budaya masyarakat di suatu wilayah. Kualitas pendidikan dapat diukur dari indikator pendidikan yang disebutkan BPS, yaitu Angka Melek Huruf, Angka Partisipasi Murni dan Rasio Murid-Guru. Langkah yang dilakukan adalah dengan mengelompokkan kota/kabupaten menggunakan analisis kelompok. Pengelompokan menggunakan analisis kelompok non-hirarki K-error yang merupakan pengembangan dari metode K-means yang dapat digunakan pada data dengan amatan berulang, sedangkan K-means hanya pada tahun tertentu saja. Kota/kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang diamati dari tahun 2011 sampai 2013 dibagi menjadi 2 bagian, yaitu wilayah dengan kualitas pendidikan yang tinggi dan rendah. Wilayah yang perlu diprioritaskan dalam peningkatan kualitas pendidikan adalah wilayah dengan karakteristik kualitas pendidikan rendah yang hanya mencakup pendidikan dasar saja di mana persentase AMH, APM dan Rasio-Murid Guru pada jenjang pendidikan menengah berada di bawah rata-rata provinsi, yaitu Kabupaten Pacitan, Malang, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Kota Kediri dan Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/186/051504887
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Aug 2015 10:51
Last Modified: 14 Sep 2022 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154213
[thumbnail of PUTRI RAHAYU SEPTASARI.pdf] Text
PUTRI RAHAYU SEPTASARI.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item