Analisis Kelompok Dengan Algoritma H-Error Pada Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Kesehatan Tahun 2011 - 2013

Ekmasari, YulvidayantiFebriani (2015) Analisis Kelompok Dengan Algoritma H-Error Pada Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Kesehatan Tahun 2011 - 2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemetaan tingkat kesehatan penduduk di Provinsi Jawa Timur dengan mempertimbangkan perkembangan tingkat kesehatan penduduk beberapa tahun diperlukan pemerintah untuk mengukur keberhasilan upaya pembangunan bidang kesehatan. Pemetaan tersebut dapat dilakukan dengan mengelompokan Kabupaten/Kota berdasarkan indikator kesehatan. Analisis yang digunakan untuk pengelompokan adalah analisis kelompok. Kumar dan Patel (2005) mengembangkan metode Error Based Clustering sebagai metode pengelompokan data yang memiliki pengamatan berulang dan salah satu algoritma yang dikembangkan pada metode tersebut adalah algoritma H-Error. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pengelompokan serta mengetahui Kabupaten/Kota yang menjadi prioritas utama pembangunan bidang kesehatan di Provinsi Jawa Timur. Hasil pengelompokan adalah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur terbagi menjadi 4 wilayah, yaitu wilayah 1 terdiri dari 5 Kabupaten/Kota, wilayah 2 terdiri dari 6 Kabupaten/Kota, wilayah 3 terdiri dari 13 Kabupeten/Kota dan wilayah 4 terdiri dari 14 Kabupaten/Kota. Wilayah yang menjadi prioritas utama pembangunan bidang kesehatan merupakan wilayah yang memiliki tingkat kesehatan lebih rendah dari tingkat kesehatan Provinsi Jawa Timur, wilayah tersebut adalah wilayah 4 yang terdiri dari Kab. Situbondo, Kab. Bondowoso, Kab. Probolinggo, Kab. Sampang, Kab. Sumenep, Kab. Jember, Kab. Pamekasan. Kab. Lumajang, Kab. Bangkalan, Kab. Banyuwangi, Kab. Probolinggo. Kab. Pasuruan, Kab. Bojonegoro dan Kab. Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/173/051504874
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2015 15:55
Last Modified: 30 Aug 2023 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154199
[thumbnail of YULVIDAYANTI FEBRIANI.pdf] Text
YULVIDAYANTI FEBRIANI.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item