Pengaruh Ekstrak Royal Jelly, Propolis, Sarang Semut, Dan Sarang Burung Wallet Terhadap Kadar Protein Daging Sapi Akibat Radiasi Gamma

Yuana, RivaIndahAlfin (2015) Pengaruh Ekstrak Royal Jelly, Propolis, Sarang Semut, Dan Sarang Burung Wallet Terhadap Kadar Protein Daging Sapi Akibat Radiasi Gamma. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu pemanfaatan radiasi di bidang industri adalah pada proses pengawetan makanan dengan menggunakan teknik iradiasi dari sinar gamma. Radiasi dapat membunuh mikroorganisme, tetapi iradiasi juga dapat mengakibatkan radikal bebas. Radikal bebas dapat berinteraksi dengan protein yang menyebabkan perubahan struktur protein. Radikal bebas dapat dinetralkan dengan antioksidan. Antioksidan dapat diperoleh dari sayur, buah, dan rempah- rempah. Pada penelitian ini, digunakan antioksidan dari produk hewan yaitu royal jelly, propolis, sarang semut, dan sarang burung wallet untuk mengetahui pengaruh kadar protein daging sapi dengan radiasi gamma. Daging sapi digunakan sebagai sampel karena daging sapi mudah terkontaminasi oleh mikroorganisme dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Sampel dibagi menjadi tiga kelompok, sempel yang tidak diradiasi, diradiasi tanpa ekstrak (sebagai kontrol), dan sampel yang diradiasi dan diberi ekstrak dengan variasi konsentrasi. Semua sampel diberi paparan radiasi dengan variasi lamanya waktu paparan, kemudian diuji kadar proteinnya menggunakan metode titrasi. Hasil penelitian menunjukkan penambahan ekstrak pada daging sapi sebelum diradiasi mempengaruhi penurunan kadar protein pada daging sapi. Berdasarkan kemampuan dalam mempertahankan penurunannya terlihat bahwa antioksidan hewani yang paling efektif dalam mempertahankan persentase kadar protein daging sapi berturut- turut yaitu propolis sebesar 12,277%- 20,552%, royal jelly sebesar 11,460%- 19,598%, sarang semut sebesar 9,470%-18,31%, dan sarang burung sebesar 7,108%- 16,364%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/164/051504274
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Jul 2015 09:55
Last Modified: 02 Jul 2015 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154189
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item