Pemodelan Aliran Fluida Secara 3 Dimensi Dengan Metode Beda Hingga (Finite Different) Sebagai Perangkat Lunak Pengujian Desain Sayap

Adi, EkoTeguhPurwito (2015) Pemodelan Aliran Fluida Secara 3 Dimensi Dengan Metode Beda Hingga (Finite Different) Sebagai Perangkat Lunak Pengujian Desain Sayap. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telah Dilakukan Pembuatan Simulasi Aliran Fluida Disekitar Sayap Pesawat Pendekatan Navier-Stokes. Parameter Tekanan Dan Kecepatan Hasil Dari Simulasi Ini Telah Mewakili Perilaku Fluida Secara Umum. Simulasi Yang Telah Dibuat Juga Didesain Untuk Fleksibel Mengikuti Perangkat Perhitungan Yang Tersedia. Secara Khusus, Data Keluaran Masih Belum Sesuai Dengan Teori. Hal Tersebut Dikarenakan Besar Grid Perhitungan Yang Dipergunakan Rendah Yakni 16x16x32. Penggunaan Nilai Tersebut Dikarenakan Keterbatasan Kemampuan Perangkat Komputer Terutama Memory RAM Dan Besar Thread Maksimum Pada Grafis Komputer Yang Rendah. Penggunaan Grid Yang Rendah Menyebabkan Obstacle Yang Diinisalisasi Tidak Terlalu Memberikan Banyak Pengaruh Sesuai Dengan Perilaku Udara Saat Berinteraksi Dengan Sayap. Sebagai Hasilnya Besar Nilai Data Yang Dikeluarkan Tidak Sesuai Meskipun Hasil Perhitungan Secara Umum Masih Stabil. Hasil Yang Masih Dapat Dianalisa Ialah Pola Aliran Dari Simulasi Yang Masih Sesuai Dengan Teori Dari Analisa Lebih Lanjut Terhadap Perhitungan Diketahui Jika Ketidak Sesuaian Perhitungan Disebabkan Oleh Pengaturan Parameter Konstanta Yang Kurang Tepat, Titik Grid Yang Tidak Sesuai Untuk Digunakan Sebagai Titik Uji, Grid Yang Terlalu Lebar Sehingga Memperbesar Munculnya Kesalahan Perhitungan, Kesalahan Metode Untuk Deklarasi Grid Sebagai Obstacle; Dan Model Obj Yang Tidak Sesuai Dengan Geometri Asli Sehingga Mempengaruhi Hasil Perhitungan.

English Abstract

A Research About Fluids Dynamics Simulation For Analyst Airflow In Aircraft Wings Was Already Done. This Research Was Using Navier-Stokes Equation As Approximated Methods. Pressure And Velocity From The Simulation Already Represented The Real Characteristic Of The Fluids Generally. The Simulation Was Design Flexible In Order Followed The Device Ability. An Output Data From This Simulation Especially The Value Of Pressure And Velocity Was Inconsistence From The Theory. This Inconsistence Was Caused By The Grid Number That Choose Had Little Value. The Grid That Used Was 16x16x32. This Number Was Used Because The Lack Of Device Ability. The Lack Of Ability Was In Memory (RAM) And The Maximum Thread Number That Can Handle By The VGA. Using The Low Number Of Grid Had Effect For The Obstacle That Initialed. The Obstacle Did Not Have Much Effect For The Fluids Flows As Well As The Real Fluids With The Wings. To Prove This Argument, The Value Of Pressure And Velocity Was Wrong Although The Simulation Was Stable For Low Speed Airflow. The Information That Consistence With Theorytical Was The Fluids Flow That Occure From The Simulation Procces. Analyze The Information, This Inconsistence Was Caused By The Parameter Value That Did Not Right, Low Grids Numbers That Used, Wrong Methods To Initialed Obstacle And The Obj Object That Did Not Have Same Geomertry With The Real Wings

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/153/051503999
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Jul 2015 11:04
Last Modified: 01 Jul 2015 11:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154177
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item