Pemodelan Regresi Dummy Pada Variabel Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Maulidya, FitriNor (2015) Pemodelan Regresi Dummy Pada Variabel Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan sangat berpengaruh dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Pendidikan orang tua akan mempengaruhi perkembangan dan juga prestasi belajar anak yang ditunjukkan melalui intensitas dorongan, dukungan dan penyediaan fasilitas termasuk bimbingan belajar di luar sekolah untuk mendukung perkembangan belajar anak. Selain itu juga penggunaan media belajar yang dapat mendukung minat siswa dalam belajar juga diperlukan untuk mendukung proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemodelan regresi dummy pada variabel yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, maka digunakan analisis regresi dummy. Hal ini dikarenakan beberapa variabel independen yang digunakan bersifat kualitatif. Hasil yang didapatkan adalah nilai UKK akan menurun sebesar 3.83 jika siswa memiliki ayah dengan tingkat pendidikan SMA. Pada saat tingkat pendidikan terakhir ayah adalah perguruan tinggi, nilai UKK akan menurun sebesar 2.336. Nilai UKK akan meningkat jika dalam keadaan yang sama dan tingkat pendidikan terakhir ibu adalah SMA, yakni meningkat sebesar 1.262. Jika dalam keadaan yang sama, dan tingkat pendidikan terakhir ibu adalah perguruan tinggi, maka nilai UKK akan meningkat sebesar 1.515. Penurunan nilai UKK terjadi jika dalam keadaan yang sama, dan siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah, yakni sebesar 0.302. Peningkatan nilai UKK terjadi jika dalam keadaan yang sama, siswa menerapkan permainan taktiktak, yaitu meningkat sebesar 3.237 Dalam keadaan yang sama, jika nilai pre test meningkat sebesar 1 poin maka nilai UKK akan meningkat sebesar 0.220. Nilai UKK juga akan meningkat sebesar 0.238 jika nilai post test meningkat 1 poin. Pengujian persamaan regresi secara parsial menunjukkan nilai pre test, nilai post test dan penerapan permainan taktiktak yang berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

English Abstract

Education is very influential in shaping the next generation of quality. Parent education will affect the development and learning achievement of children who demonstrated through the intensity of encouragement, support and provision of facilities including tutoring outside of school to support childrens learning development. In addition, the use of learning media that can support student interest in learning is also necessary to support the learning process. The purpose of this study was to determine the regression modeling dummy variable affecting student achievement and significant impact on student achievement, then used regression analysis dummy. This is because several independent variables is qualitative. The results obtained are UKK value will decrease by 3.83 if the students had fathers with high school education level. At the time of the last fathers education level is college, UKK value will decrease by 2336. UKK value will increase if the same circumstances and maternal education level is high school, which is an increase of 1,262. If the same circumstances, and maternal education level is college, then the value will increase by 1.515 UKK. UKK impairment occurs if the same circumstances, and students attend tutoring outside school, which is equal to 0302. Increasing the value UKK occur if the same circumstances, students apply taktiktak game, which is an increase of 3,237 in the same circumstances, if the pre-test value increased by 1 point then the value will increase by 0.220 UKK. UKK value will also increase by 0238 if the value of post test increased by 1 point. Testing of partial regression equation shows the value of pre-test, post-test and application value taktiktak game having a significant effect on student achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/135/051503163
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 May 2015 10:06
Last Modified: 08 May 2015 10:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154157
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item