Aplikasi Analisis Korelasi Kanonik Pada Hubungan Perilaku Psikologis Siswa Dan Prestasi Belajar Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang

Watin, WindyAntikaAntis (2015) Aplikasi Analisis Korelasi Kanonik Pada Hubungan Perilaku Psikologis Siswa Dan Prestasi Belajar Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari pondasi pendidikan yaitu kurikulum. Pada tahun 2013 Kementerian Pendidikan Nasional menetapkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru, sehingga peneliti mengaplikasikan mainan edukasi TAKTIKTAK sebagai penunjang kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui frekuensi jawaban siswa terhadap kuesioner motivasi belajar, minat belajar dan tanggapan siswa mengenai TAKTIKTAK serta mengetahui hubungan motivasi, minat, dan tanggapan siswa mengenai TAKTIKTAK terhadap prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti mengaplikasikan analisis statistika deskriptif dan korelasi kanonik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil analisis, motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan lagi karena hanya sekitar 33% siswa menjawab netral terhadap pembelajaran kurikulum 2013. Minat belajar lebih dari 37% siswa sudah baik dan lebih dari 44.4% siswa menganggap TAKTIKTAK adalah media edukasi penunjang kurikulum 2013. Terdapat hubungan yang signifikan sebesar 0.8848 antara kelompok perilaku psikologis dengan kelompok prestasi belajar siswa. Berdasarkan muatan kanonik, minat belajar memiliki hubungan paling erat sebesar 0.9991, setelah itu adalah tanggapan siswa mengenai TAKTIKTAK sebesar 0.8336. Nilai UKK memiliki hubungan terbesar dengan peubah kanoniknya yaitu 0.8840. Oleh karena itu Siswa yang memiliki minat belajar yang besar dalam kurikulum 2013, maka juga memiliki nilai UKK yang baik. Begitupula siswa yang beranggapan baik terhadap mainan TAKTIKTAK juga memiliki nilai UKK yang baik pula.

English Abstract

The development of education in Indonesia can not be separated from the foundation of education, namely curriculum. In 2013 the Ministry of Education sets the curriculum in 2013 as a new curriculum, so that researchers applying educational game TAKTIKTAK to support curriculum 2013. The purpose of this study was to determine the frequency of students answers to the questionnaire of learn’s motivation, interest in student learning and student responses regarding TAKTIKTAK and to know the correlation between motivation, interests, and student responses regarding TAKTIKTAK on learning achievement. Therefore, researchers apply the descriptive statistical analysis and canonical correlation to overcome these problems. The results of analysis, students motivation need to be improved because just 33% of students answered neutral towards learning curriculum 2013. Interest in learning more than 37% of students are excellent and more than 44.4% of students consider TAKTIKTAK is media education to support curriculum 2013. There is a significant correlation at 0.8848 between groups of psychological behavior by a group of student achievement. Based on canonical loading, interest in learning has the closest relationship of 0.9991, after it was the students responses regarding TAKTIKTAK at 0.8336. UKK value has the highest correlation with canonical variable that is equal to 0.8840. Therefore, students who have a great interest in learning, it also has a good mark of UKK. Neither student who thinks well of the TAKTIKTAK game also have a good mark of UKK anyway

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/133/051503161
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 May 2015 09:13
Last Modified: 08 May 2015 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154155
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item