Pemantauan Kualitas Fisiko-Kimia Air di Saluran Mata Air Sumber Nyolo Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang

Milah, AyuHilyatul (2015) Pemantauan Kualitas Fisiko-Kimia Air di Saluran Mata Air Sumber Nyolo Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas air di mata air Nyolo dan salurannya yang terletak di Desa Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang berdasarkan parameter fisiko-kimia dan beberapa indeks kualitas air . Pengambilan sampel air dilakukan pada enam stasiun yaitu hulu mata air Nyolo (stasiun I, II), saluran Curah Glogo (stasiun III dan IV) dan saluran Curah Lang-lang (stasiun V dan VI). Pengulangan pengambilan sampel sebanyak tiga kali pada waktu yang berbeda. Parameter fisik yang diukur meliputi kekeruhan, suhu, konduktivitas, kecerahan, kecepatan arus, lebar saluran dan debit air. Parameter kimia yang digunakan yaitu TOM (Total Organic Matter), DO, BOD, pH, TDS, TSS, Nitrat, dan Fosfat terlarut. Perbedaan nilai tiap -t iap parameter ditentukan dengan menggunakan uji Anova atau Brown Forsythe. Kategori kualitas air ditentukan dengan menggunakan indeks kualitas air yaitu National Sanitation Foundation’s Water Quality Index (NSF-WQI), Index O’Connor’s, dan Prati’s Implicit Index of Pollution. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa parameter BOD, TSS, TDS, Nitrat, dan pH mata air Nyolo dan salurannya sudah memenuhi baku mutu kualitas air kelas I menurut PP No. 82 tahun 2001 untuk bahan baku air minum. Oksigen terlarut di mata air Nyolo dan salurannya termasuk rendah dan hanya memenuhi baku mutu kelas III untuk pertanian kecuali stasiun II yang termasuk dalam kelas IV. Parameter turbiditas pada stasiun IV tidak memenuhi standar baku untuk air minum berdasarkan WHO karena melebihi 5 mg/L. Kualitas air berdasarkan beberapa indeks kualitas air (NSF-WQI, O’Connor Index, Prati’s Implisit Index) termasuk dalam kategori sedang (medium) atau dapat diterima (acceptable).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2015/103/051501992
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2015 09:29
Last Modified: 26 Jul 2022 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/154122
[thumbnail of AYU HILYATUL MILLAH (115090107111017).pdf] Text
AYU HILYATUL MILLAH (115090107111017).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item