Analisis Antrian Pelayanan Pembelian Bensin Premium pada Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) 54.662.28 Tulungagung

Solikhah, FajarAjengSiti (2014) Analisis Antrian Pelayanan Pembelian Bensin Premium pada Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) 54.662.28 Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah antrian berhubungan dengan efiensi, dimana terjadinya antrian akan mengurangi kenyamanan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini juga terjadi di SPBU, antrian terjadi karena banyaknya fasilitas pelayanan tidak sebanding dengan laju kedatangan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan model antrian dan karateristik antrian di SPBU 54.662.28 Tulungagung dan untuk menganalisis efektifitas sistem antrian di SPBU 54.662.28 Tulungagung. Data didapatkan melalui observasi pada SPBU 54.662.28 di Jalan Podorejo, Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Pengamatan dilakukan pada hari Sabtu, 1 Februari 2014 selama 3 jam, pukul 18.00 – 21.00 WIB. Metode yang digunakan untuk menganalisis antrian adalah metode Multi Channel Single Phase. Diperoleh model antrian (M/M/c):(FCFS/∞/∞) dan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada SPBU 54.662.28 Tulungagung pada tanggal 1 Februari dengan waktu observasi selama 3 jam dapat dikatakan bahwa sistem antrian yang terjadi pada SPBU tersebut sudah efektif. Karena selama kurun waktu dalam 3 jam tersebut didapatkan rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem adalah 1 pelanggan dan rata-rata banyaknya pelanggan dalam antrian adalah 0 pelanggan.

English Abstract

Problems associated with efiensi queue, where the queue will reduce the convenience of service to customers. It also occurs at the Gas Station, the queue occurs because many service facilities are not comparable to the rate of arrival of customers. The purpose of this study is to show the characteristics of the model queue and queue at the Gas Station 54.662.28 Tulungagung and to analyze the effectiveness of the system queues at Gas Station 54.662.28 Tulungagung. The data obtained through observation at the Gas Station in Jalan Podorejo 54.662.28, Sumbergempol Tulungagung. Observations were made on Saturday, February 1, 2014 for 3 hours, at 18:00 to 21:00 pm. The method used to analyze queuing is a method of Multi Channel - Single Phase. Retrieved queuing model (M / M / c) :( FCFS / ∞ / ∞), and based on the calculation that has been done can be said that occurs in the Gas Station has been effective. Because during the period of 3 hours was obtained the average number of customers in the system is 1 customers and the average number of customers in the queue is 0 customers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2014/338/051405836
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Sep 2014 13:29
Last Modified: 21 Oct 2021 05:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153972
[thumbnail of Skripsi_Fajar_Ajeng_Siti_Solikhah_(0810953037).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Fajar_Ajeng_Siti_Solikhah_(0810953037).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item