Identifikasi Gugus Fungsi Limbah Cair Pada Proses Pembaluran Dengan Metode Ft-Ir (Fourier Transform Infra Red) Pada Penderita Miom

Silviyah, Siti (2014) Identifikasi Gugus Fungsi Limbah Cair Pada Proses Pembaluran Dengan Metode Ft-Ir (Fourier Transform Infra Red) Pada Penderita Miom. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode balur adalah metode yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh melalui kulit. Dalam metode pembaluran terdapat empat tahapan yaitu tahap pemberian obat acetosal (AC), benzoquinon (Bq), HUM (Urea), dan kopi. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi gugus fungsi yang terkandung pada obat dan limbah balur yang diduga sebagai zat yang berperan pada penyakit miom. FT-IR digunakan untuk mengidentifikasi gugus fungsi dan senyawa yang terkandung dalam obat dan limbah balur. Dari hasil k arakterisasi menggunakan FT-IR diperoleh hasil sejumlah gugus fungsi yang terdapat pada obat dan limbah balur. Dan tidak ditemukan perbedaan gugus fungsi pada obat dan limbah balur pada penderita miom, sehingga belum dapat ditentukan gugus fungsi yang berperan dalam penyembuhan miom. Namun hasil FT-IR untuk penderita miom menunjukkan terjadinya pergeseran bilangan gelombang yang belum dapat dianalisa.

English Abstract

Rubbing method is a method used to remove toxin in the human body through skin. There are four steps of rubbing methods, they are giving acetosal (AC) medicine, benzoquinon (Bq), HUM (Urea), and coffee. The purpose of this research is to identify the functional group of medicine and waste rubbing‘s, which indicating substance of myoma FT-IR method is used to identify functional group and compound in medicine and waste rubbing. By using FT-IR, the result showed the amount functional group of the medicine and waste rubbing. On the other hand, there were no differences functional group in medicine and waste rubbing for myoma’s patient. In spite of FT-IR’s result for myoma’s patient showed the wavenumber. But it can’t be explined, now further analysis is needed to understand this phenomena.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2014/286/051405284
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Sep 2014 07:58
Last Modified: 21 Oct 2021 04:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153915
[thumbnail of skripsi_Siti_Silviyah.pdf]
Preview
Text
skripsi_Siti_Silviyah.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_awal_yang_diperbaiki_ada_halamannya.pdf]
Preview
Text
Skripsi_awal_yang_diperbaiki_ada_halamannya.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item