Penerapan Model Vector Error Correction (Vec) Pada Inflasi Di Indonesia Yang Dipengaruhi Oleh Harga Minyak Mentah Dunia

Sasmita, YogiChandra (2014) Penerapan Model Vector Error Correction (Vec) Pada Inflasi Di Indonesia Yang Dipengaruhi Oleh Harga Minyak Mentah Dunia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara pengimpor minyak. Harga minyak dunia yang terus berfluktuasi setiap tahun akan berdampak pada perekonomian melalui inflasi. Inflasi adalah kecenderungan meningkatnya harga barang secara umum dan kontinyu. Jika harga minyak mentah dunia cenderung naik, hal ini akan berdampak pada kenaikan harga barang dalam negeri yang akan menyebabkan inflasi. Untuk mengetahui pengaruh dari harga minyak terhadap inflasi di Indonesia, dapat digunakan model VEC. Model VEC memiliki bentuk sistem persamaan simultan yang digunakan pada data deret waktu yang tidak stasioner dan memiliki satu atau lebih kointegrasi. Model VEC adalah model VAR yang memiliki hubungan kointegrasi. Model VEC dapat digunakan untuk mengetahui pengaruh efek jangka panjang dan efek jangka pendek harga minyak dunia terhadap inflasi. Pendugaan parameter model VEC menggunakan Seemingly Unrelated Regression (SUR). SUR digunakan untuk menangani asumsi autokorelasi. Tujuan dari penelitian ini adalah memodelkan hubungan antara harga minyak dunia dengan inflasi di Indonesia. Pada penelitian ini model VEC yang sesuai adalah model VEC(1

English Abstract

Indonesia is imported crude oil country. Fluctuation oil price in every year gives effect in domestic economy by inflation. Inflation disposed by global increasing price comodity and service. If world crude oil price keep raise up, it will impact to domestic comodity price and make inflation. VEC model use to find out influence of world crude oil price in Indonesia inflation. VEC model is simultan equation system which use for non stationary time series data and has one ore more cointegration. VEC model is VAR model with cointegration. VEC model can use to find out long term effect and short term effect world crude oil price to inflation. Estimation parameter in VEC model use Seemingly Unrelated Regression (SUR). SUR use for handle autocorrelation assumption. The aim of this research is to modeling relation between world crude oil price and Indonesia inflation. In this research we have suitable model called VEC(1).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2014/257/051404948
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Aug 2014 14:14
Last Modified: 21 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153882
[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item