Analisis Komponen Utama Robust Dengan Metode Pendugaan Reweighted Minimum Covariance Determinant

Pradeni, Nensi (2013) Analisis Komponen Utama Robust Dengan Metode Pendugaan Reweighted Minimum Covariance Determinant. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Classic Principal Component Analysis (CPCA) adalah suatu metode pendekatan klasik untuk menjelaskan struktur matriks ragam-peragam melalui sejumlah kecil komponen yang tidak saling berkorelasi, dan merupakan kombinasi linier dari variabel asal sehingga memiliki ragam maksimum. Data sering mengandung beberapa pencilan sehingga penduga klasik kurang diandalkan. Pada penelitian ini penulis menganalisis data multivariat yang mengandung pencilan dengan Robust Principal Component Analysis (ROBPCA). Salah satu metode robust yang memiliki kemampuan mengukur jarak dan mendeteksi pencilan adalah Minimum Covariance Determinant (MCD). Metode ini menduga rata-rata dan ragam-peragam dengan mencari himpunan bagian data yang menghasilkan determinan matriks ragam-peragam terkecil. Untuk meningkatkan efisiensi dari MCD digunakan Reweighted Minimum Covariance Determinant (RMCD), yaitu metode MCD yang ditambahi bobot wj berdasarkan jarak robust pengamatan. Tujuan penelitian ini adalah menentukan metode yang lebih baik (CPCA atau ROBPCA). Penulis menggunakan data Survei Sosial Ekonomi Nasional 2010-2011 Provinsi Jawa Timur, karena Jatim terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota sehingga ditentukan 38 pengamatan. Hasil analisis menunjukkan, untuk data yang mengandung pencilan, metode ROBPCA lebih baik dibanding CPCA karena menghasilkan komponen utama terpilih lebih sedikit menurut kriteria akar ciri ≥ 1 dan dengan jumlah komponen terpilih yang sama banyak ROBPCA mampu menjelaskan keragaman kumulatif yang lebih besar dibanding CPCA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/75/051301243
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 May 2013 09:47
Last Modified: 25 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153695
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item