Optimasi Metoda Spektrofotometri Untuk Penentuan Kadar Iodida Berdasarkan Pembentukan Kompleks Iodium-Amilum Menggunakan Oksidator Iodat

Febrianti, Sita (2013) Optimasi Metoda Spektrofotometri Untuk Penentuan Kadar Iodida Berdasarkan Pembentukan Kompleks Iodium-Amilum Menggunakan Oksidator Iodat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iodium adalah zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroksin. Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) merupakan salah satu masalah gizi yang menjadi faktor penghambat pembangunan sumber daya manusia, karena dapat menyebabkan terganggunya perkembangan mental dan kecerdasan manusia. Indikasi GAKI dapat dilakukan dengan penentuan iodida di dalam urin. Pada penelitian ini penentuan iodida dilakukan secara spektrofotometri berdasarkan pembentukan kompleks iodium-amilum berwarna biru yang menyerap cahaya pada panjang gelombang 616,5 nm. Pembentukan kompleks iodiumamilum dapat dilakukan dengan cara mereaksikan iodida (I-) dengan oksidator iodat (IO3 -) dalam suasana asam dengan indikator amilum. Warna yang terbentuk kemudian dianalisis menggunakan spektrofotometer. Pada penelitian ini penentuan iodida dipengaruhi oleh waktu pengukuran dan volume oksidator iodat yang direaksikan. Semakin lama waktu pengukuran maka kompleks iodium-amilum akan meningkat dengan waktu pengukuran optimum pada menit ke-6 dan akan mengalami dekomposisi setelah 9 menit. Jumlah oksidator meningkatkan jumlah kompleks iodium-amilum yang terbentuk, jumlah optimum oksidator iodat sebesar sepertigakali jumlah mol iodida. Pada kondisi optimum pengukuran diperoleh linieritas pengukuran pada konsentrasi iodida 5-50 ppm dengan R2 sebesar 0,982.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/56/051301224
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 May 2013 10:07
Last Modified: 25 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153676
[thumbnail of SKRIPSI08_sita_febrianti_pp_50-56.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI08_sita_febrianti_pp_50-56.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item