Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor (Studi kasus di pintu keluar Watugong, Universitas Brawijaya)

Haristyowati, Riska (2013) Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor (Studi kasus di pintu keluar Watugong, Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem antrian adalah himpunan pelanggan, pelayan serta aturan yang mengatur kedatangan pelanggan dan pemrosesan masalah pelayanan antrian. Penelitian ini membahas tentang sistem antrian dan karakteristik sistem antrian yang digunakan di pintu keluar Watugong UB. Model antrian yang cocok diterapkan adalah (M/M/c):(FCFS/∞/∞). Data yang digunakan pada penelitian kali ini adalah waktu antar kedatangan dan lama pelayanan sepeda motor setiap Senin-Jum’at tanggal 10-21 Desember 2012 pukul 11.00-13.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB. Dari hasil pengujian menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh bahwa waktu antar kedatangan berdistribusi Poisson dan lama pelayanan berdistribusi Eksponensial. Berdasarkan penelitian, pukul 11.00-13.00 WIB memiliki λ = 13 sepeda motor/menit dan μ = 9 sepeda motor/menit sedangkan pukul 15.00-17.00 WIB memiliki λ = 14 sepeda motor/menit dan μ = 10 sepeda motor/menit. Karakteristik sistem antriannya adalah fase pelayanan tunggal, populasi tidak terbatas, disiplin antrian FCFS, dan panjang antrian tidak terbatas.

English Abstract

Sistem antrian adalah himpunan pelanggan, pelayan serta aturan yang mengatur kedatangan pelanggan dan pemrosesan masalah pelayanan antrian. Penelitian ini membahas tentang sistem antrian dan karakteristik sistem antrian yang digunakan di pintu keluar Watugong UB. Model antrian yang cocok diterapkan adalah (M/M/c):(FCFS/∞/∞). Data yang digunakan pada penelitian kali ini adalah waktu antar kedatangan dan lama pelayanan sepeda motor setiap Senin-Jum’at tanggal 10-21 Desember 2012 pukul 11.00-13.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB. Dari hasil pengujian menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh bahwa waktu antar kedatangan berdistribusi Poisson dan lama pelayanan berdistribusi Eksponensial. Berdasarkan penelitian, pukul 11.00-13.00 WIB memiliki λ = 13 sepeda motor/menit dan μ = 9 sepeda motor/menit sedangkan pukul 15.00-17.00 WIB memiliki λ = 14 sepeda motor/menit dan μ = 10 sepeda motor/menit. Karakteristik sistem antriannya adalah fase pelayanan tunggal, populasi tidak terbatas, disiplin antrian FCFS, dan panjang antrian tidak terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/255/051307413
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Sep 2013 11:34
Last Modified: 09 Nov 2021 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153512
[thumbnail of SKRIPSI_-_RISKA_HARISTYOWATI_-_0910940014-94.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_RISKA_HARISTYOWATI_-_0910940014-94.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item