Peramalan Penjualan Roti Menggunakan Metode Trend Musiman (Studi Kasus Pabrik Roti Mr.Bread Bantargebang, Bekasi)

Lestari, RetnoPutri (2013) Peramalan Penjualan Roti Menggunakan Metode Trend Musiman (Studi Kasus Pabrik Roti Mr.Bread Bantargebang, Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mr. Bread adalah sebuah industri manufaktur yang memproduksi berbagai jenis varian roti, baik roti tawar maupun roti manis. Permasalahan yang ada adalah tingkat produksi roti yang tidak seimbang sehingga tercipta return / lost sales yang besar dan mengakibatkan biaya produksi berlebih. Dengan demikian, dilakukan penelitian untuk menentukan tingkat produksi penjualan dan retur optimal sehingga tercipta minimasi biaya produksi penjualan. Untuk keperluan produksi penjualan setiap hari, perusahaan harus mempertimbangkan berapa banyak bahan baku yang akan digunakan, khususnya telur, tepung terigu, gula pasir dan mentega yang merupakan empat bahan baku utama dalam melakukan produksi roti. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhitungkan jumlah penjualan pada setiap periode agar persediaan bahan baku dikelola dengan baik tanpa harus mengeluarkan biaya-biaya yang tidak perlu. Metode peramalan yang sesuai dalam memperkirakan produksi penjualan pada periode yang akan datang, dilakukan setelah menentukan persediaan bahan baku dan perhitungan dengan model trend musiman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keputusan yang disarankan oleh perusahaan harus menyediakan persediaan tepung terigu yang ekonomis sebanyak 915,5 kg, gula pasir sebanyak 1.373,25 kg, telur 1.831 kg, dan mentega sebanyak 45,75 kg setiap bulannya.

English Abstract

Mr. Bread is manufacturing and business which produce many kinds of bread variant, dry bread or sweet bread. The problem that exist is the unbalance level of bread production which cause a big number lost of sales and make extra cost production. So the writer do a research need to find the level of sales production and optimum retur to create the minimum sales production cost. To daily productions need, company need to considered how much staple need, specially eggs, wheat flour , granulated sugar and butter which is as the four main ingredients. That is why the company need to count the sales number in every period so that the main ingredients maintain well without take any unnecessary cost. The method which fit to the problem that the writer mention above is doing after found on the inventories of raw materials and trend mode seasonal counts. The research shows that the decision suggeted by the company is to supplies the economic wheat flour for 915,5 kg, granulated sugar for 1.373,25 kg, 1.831 kg of eggs and butter for 401 kg each month.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/246/051307404
Subjects: UNSPECIFIED > Subject Not Defined
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Sep 2013 14:04
Last Modified: 25 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153505
[thumbnail of SKRIPSI_-_RETNO_PUTRI_LESTARI_-_0910943064_-_94.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_RETNO_PUTRI_LESTARI_-_0910943064_-_94.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item