Model Persediaan Economic Production Quantity (Epq) Dengan Penundaan Waktu Pembayaran (Studi Kasus Pada CV. Berkah Bumi Mandiri, Kediri)

Kurniawati, AnisaFitria (2013) Model Persediaan Economic Production Quantity (Epq) Dengan Penundaan Waktu Pembayaran (Studi Kasus Pada CV. Berkah Bumi Mandiri, Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengendalian persediaan merupakan suatu kebijakan untuk menunjang kelancaran dalam sistem produksi atau kegiatan bisnis yang dilakukan perusahaan. Permasalahan dalam pengendalian persediaan adalah bagaimana menentukan kuantitas dan waktu produksi yang optimal dengan total biaya produksi yang minimal. Dalam skripsi ini membahas model EPQ dengan penundaan waktu pembayaran. Model ini mengasumsikan harga pembelian dan harga penjualan yang berbeda selain itu model ini dibuat untuk mengetahui proses produksi disamping adanya penundaan pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Fungsi biaya pada model ini terbukti cembung dan didapatkan solusi optimal jika waktu produksi bernilai positif. Untuk menginterpretasikan solusi dari model ini, diberikan perhitungan dari data perusahaan CV. Berkah Bumi Mandiri. Hasil perhitungan didapatkan waktu produksi tercepat adalah 0,091 bulan atau 2.818 hari. Kuantitas produksi terendah sebesar 10.222 kg dengan total biaya produksi tertinggi yaitu Rp 60.727.358,79 pada bulan Maret. Waktu produksi terlama adalah 0,146 bulan atau 4.247 hari. Kuantitas produksi tertinggi sebesar 15.310 kg dengan total biaya produksi terendah yaitu Rp 36.057.840,17 pada bulan Februari. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan, jika semakin lama waktu produksi maka semakin kecil total biaya produksinya dan dapat menghasilkan kuantitas produksi yang tinggi. Sebaliknya jika semakin cepat waktu produksi maka semakin besar total biaya produksinya dan hanya dapat menghasilkan kuantitas produksi yang rendah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/179/051307159
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Sep 2013 14:14
Last Modified: 28 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153437
[thumbnail of ISI.pdf]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Mukadimah.pdf]
Preview
Text
Mukadimah.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_4.pdf]
Preview
Text
Lampiran_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Luar.pdf]
Preview
Text
Cover_Luar.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item