pengambilan keputusan multi-kriteria menggunakan metode anp (analytic network process) pada evaluasi supplier (Studi Kasus Permata Mart, Lampung Timur)

Budiarti, Sisca (2013) pengambilan keputusan multi-kriteria menggunakan metode anp (analytic network process) pada evaluasi supplier (Studi Kasus Permata Mart, Lampung Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

menjaga ketersediaan barang untuk perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, mengakibatkan perlunya evaluasi supplier sebagai mitra kerja perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode untuk menyelesaikan masalah dalam evaluasi supplier. Metode ANP (Analytic Network Process ) dapat dijadikan alternatif untuk suatu permasalahan yang mempunyai banyak kriteria yang saling berkaitan atau berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Terdapat 5 kriteria yang digunakan untuk evalusi supplier dimana satu kriteria mempunyai satu atau lebih sub kriteria yaitu harga (harga penawaran dan promo harga), ketepatan (ketepatan jumlah pengiriman), fleksibilitas (pemenuhan perubahan jumlah), performa produk (inovasi, kualitas, dan reputasi produk), dan hubungan (keterbukaan dalam komunikasi dan reputasi supplier). Data diperoleh dengan melakukan pembobotan untuk kriteria dan alternatif yang diperbandingkan dengan menggunakan skala Saaty. Hasil yang diperoleh dari pembobotan dan perhitungan menggunakan metode ANP dengan bantuan software Super Decision didapat prioritas untuk tiga supplier yang dijadikan alternatif, yang pertama adalah PT. Indormarco dengan nilai prioritas 0,463000, urutan kedua PT. Coca Cola yang mempunyai nilai prioritas 0,307933 dan PT. Perdhana Adi Lestari berada pada urutan terakhir dengan nilai prioritas 0,242167.

English Abstract

The importance of maintaining the availability of goods for a company that specializes in sales, resulting in the need for the evaluation of suppliers as business partners of the company. Therefore, we need a method to resolve the problems in the evaluation of suppliers. ANP method (Analytic Network Process) can be used as an alternative to a problem that has many interrelated criteria or influence in decision making. There are 5 criterias that is used to evaluation supplier, every criteria has one or more sub criteria, price (offer price and promo price), accuracy (accuracy of the number of deliveries), flexibility (the number of changes compliance), the performance of the product (innovation, quality, and reputation of the product), and the relationship (openness in communication and the reputation of the supplier). Data obtained by performing a weighting to criteria and alternatives are compared by using scale of Saaty. The results obtained from using the method of weighting and calculation of the ANP with the help of a Super Decision software obtained priority to three suppliers that serve as an alternative, the first is PT. Indomarco with priority value 0,463000, the second order PT Coca Cola, which has the value 0,307933 and PT. Perdhana Adi Lestari on the last sequence with priority value 0,242167.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/177/051307157
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2013 11:04
Last Modified: 25 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153435
[thumbnail of BAB_4-5__PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_4-5__PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-3_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_I-3_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Mukadimah_PDF.pdf]
Preview
Text
Mukadimah_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_PDF.pdf]
Preview
Text
1._COVER_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_1-3_pdf.pdf]
Preview
Text
lampiran_1-3_pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item