Analisis Dinamik Model Pengalihan Pemangsaan Zooplankton Terhadap Non-Toxic Phytoplankton (NTP) dan Toxic Producing Phytoplankton (TPP)

Firdaus, MuhammadRizki (2013) Analisis Dinamik Model Pengalihan Pemangsaan Zooplankton Terhadap Non-Toxic Phytoplankton (NTP) dan Toxic Producing Phytoplankton (TPP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas model pengalihan pemangsaan zooplankton terhadap spesies NTP dan TPP. Populasi zooplankton dibagi menjadi dua subpopulasi yakni zooplankton pemangsa NTP dan pemangsa TPP. Zooplankton tersebut dapat dari memangsa NTP kemudian memangsa TPP, atau sebaliknya. Interaksi antara NTP, TPP, dan zooplankton dimodelkan dalam bentuk sistem otonomus tak linier berdimensi empat. Kedua subpopulasi zooplankton tersebut dapat diagregasi menjadi satu persamaan sehingga sistem dapat direduksi menjadi tiga dimensi. Variabel tak bebas pada sistem otonomus berdimensi tiga tersebut menyatakan populasi NTP ( ), populasi TPP ( ), dan populasi zooplankton ( ). Analisis dinamik terhadap sistem tersebut berupa perhitungan titik kesetimbangan, syarat eksistensi titik kesetimbangan, serta kestabilan lokal titik kesetimbangan. Terdapat enam titik kesetimbangan yang diperoleh dari model, yakni , , , ( ̂ ̂ ) ̅̅̅ ̅ , dan . Dari enam titik tersebut, hanya dan yang tak stabil. Hasil analisis dari enam titik kesetimbangan tersebut dan dampak yang ditimbulkan oleh pengalihan pemangsaan zooplankton diilustrasikan dalam simulasi numerik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2013/121/051304713
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 May 2013 09:21
Last Modified: 25 Oct 2021 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153381
[thumbnail of Skripsi_Rizki_Firdaus_0810940055.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Rizki_Firdaus_0810940055.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item