Pendekatan Structural Equation Modelling (Sem) Dengan Model Geographically Weighted Regression (Gwr) Pada Data Spasial (Studi Kasus: Karakteristik Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur)

Rizkyani, Cirairina (2012) Pendekatan Structural Equation Modelling (Sem) Dengan Model Geographically Weighted Regression (Gwr) Pada Data Spasial (Studi Kasus: Karakteristik Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah pengangguran merupakan salah satu permasalahan utama pemerintah yang diprioritaskan dalam menyusun strategi pembangunan ketenagakerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta mengkaji keterkaitan antara faktor-faktor penyebab pengangguran dan dampak pengangguran terhadap kondisi perekonomian di Jawa Timur tahun 2009. Structural Equation Modelling (SEM) merupakan suatu variabel yang tidak dapat diukur secara langsung (variabel laten) dan mempunyai hubungan kausalitas dengan variabel laten yang lain. Pada data spasial, seringkali pengamatan di suatu lokasi bergantung pada pengamatan di lokasi lain yang berdekatan. Apabila variabel laten tersebut memiliki aspek spasial maka unsur spasial perlu diikut sertakan dalam modelnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Karakteristik Pengangguran di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009. Dalam penelitian ini menggunakan 3 variabel laten, yaitu karakteristik pengangguran, kondisi sosial masyarakat dan kondisi perekonomian. Dari model yang terbentuk diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik pengangguran adalah sama antara model SEM dengan model GWR. Diperoleh nilai MSE model SEM lebih kecil dibandingkan dengan model GWR yaitu 174,6. Dengan demikian model SEM merupakan model yang lebih baik digunakan untuk menganalisis kasus Karakteristik Pengangguran di Provinsi Jawa Timur Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/451/051204828
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 Dec 2012 09:31
Last Modified: 24 Oct 2021 17:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153290
[thumbnail of Skripsi_CIRAIRINA_RIZKYANI_(0810953031-95).pdf]
Preview
Text
Skripsi_CIRAIRINA_RIZKYANI_(0810953031-95).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item