Penggunaan Pembobot Spasial Adaptive Kernel Dan Pembobot Dari Model Variogram (Exponential, Gaussian Dan Sperichal) Dalam Regresi Logistik Spasial

Wahyuningsih, Dwi (2012) Penggunaan Pembobot Spasial Adaptive Kernel Dan Pembobot Dari Model Variogram (Exponential, Gaussian Dan Sperichal) Dalam Regresi Logistik Spasial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Regresi logistik spasial merupakan analisis yang memasukan pengaruh spasial ke dalam model regresi logistik. Hal yang membedakan antara regresi logistik non spasial dengan regresi logistik spasial adalah adanya penambahan bobot spasial pada model regresi logistik. Penentuan bobot spasial dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, beberapa diantaranya adalah pembobot adaptive kernel (gaussian kernel dan bisquare kernel) dan pembobot dari model variogram (exponential, gaussian dan sperichal). Pembobotan dengan menggunakan fungsi kernel didasarkan pada jarak antar lokasi dan pemilihan bandwidth (parameter penghalus) yang optimum, sedangkan pembobotan dengan model variogram didasarkan pada pendekatan model keragaman spasial data. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pembobot spasial yang paling optimum dalam menghasilkan model regresi logistik spasial berdasarkan uji kebaikan model menggunakan AIC (Akaike Information Criteria), BIC (Bayesian Information Criteria) dan Correct Classification Rate (CCR), dengan studi kasus pendugaan status (kategori) Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Banyuwangi berdasarkan Jumlah SMA/SMK/MA, Jumlah Tenaga Pengajar SMA/SMK/MA, Jumlah Sarana Kesehatan, Jumlah Tenaga Kesehatan dan Jumlah Industri. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik yang dapat digunakan untuk menduga status (kategori) IPM Kabupaten Banyuwangi adalah model regresi logistik spasial dengan pembobot variogram model gaussian, dengan nilai AIC terkecil yaitu sebesar 35.5468, nilai BIC terkecil yaitu 31.82808 dan nilai CCR tertinggi sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2012/440/051204817
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Dec 2012 15:22
Last Modified: 24 Oct 2021 17:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/153278
[thumbnail of AWALAN.pdf]
Preview
Text
AWALAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item